Dufan Sudah Buka Lagi, Seru Sekaligus Aman dari COVID-19

Tim Editor

    Wahana di Dufan (Angga/era.id)

    Jakarta, era.id - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka kembali sektor pariwisata, tak terkecuali taman hiburan di masa PSBB transisi. Salah satu yang kembali dibuka adalah Dunia Fantasi (Dufan), Ancol, yang sudah buka sejak 20 Juni kemarin.

    Pembukaan kembali kawasan Ancol pastinya dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat bagi para pengunjung hingga para petugas yang berada di seluruh wahana. 


    Pintu Masuk Dufan (Angga/era.id)

    Pantauan era.id, setelah masuk ke kawasan Dufan, para pengunjung juga akan dianjurkan mengatur jarak satu sama lain, serta melakukan security check. Petugas akan melakukan security check lagi untuk bagian tas yang diperiksa menggunakan tongkat yang sebelumnya sudah disemprotkan disinfektan.

    “Para pengunjung yang mau masuk ke kawasan Ancol, Dufan, dan lainnya wajib menggunakan masker dan membeli tiket lewat online sesuai tanggal dan kapasitas yang ada di tanggal terpilih,” kata Kepala Bagian Oprasional Dufan, Dani Hendarman, Selasa (23/6).


    Wahana di Dufan (Angga/era.id)

    Jadi buat kamu yang mau ke Dufan, kamu wajib reservasi tiket dulu di situsnya. Selain itu, kapasitas pengunjung juga dibatasi 50 persen dari kapasitas normal dan hanya warga ber-KTP DKI Jakarta saja yang bisa beli tiket.

    “Kalau tanggal yang dipilih penuh, pengunjung harus ganti tanggal yang lain. Lalu kalau enggak pakai masker mohon maaf kami enggak bisa izinkan masuk,” ungkap Dani.

    Demi menjamin rasa aman dan nyaman para pengunjung, para petugas dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) sesuai dengan anjuran pemerintah, seperti wajib masker, face shield, sarung tangan, serta tambahan manset panjang untuk menutupi lengan tangan.


    Dok. Ancol

    Selain itu untuk wahana yang diperbolehkan beroperasi akan dibersihkan terlebih dahulu dengan disinfektan oleh petugas yang menggunakan hazmat suit.

    “Penyemprotan wahana akan kami lakukan sebelum buka dan setiap empat jam sekali. Penyemprotan akan dilakukan mulai dari ring antrian sampai tempat duduk wahana,” kata Dani.

    Sementara itu, taman rekreasi yang dibuka sejak tahun 1985 ini hanya mengoperasikan 20 wahana dari 33 wahana yang tersedia, mulai dari Kora-Kora, Bianglala, Istana Boneka, Niagara-Gara, Alap-Alap, Gajah Bledug, hingga Arung Jeram.

    “Semua wahana kapasitasnya kami berlakukan physical distancing, misalnya Arung Jeram biasanya delapan sekarang empat orang aja, Istana Boneka dari kapasitas bisa 12 orang sekarang cuma empat orang dan Niagara-Gara biasanya 4 sampai 5 (orang) sekarang cuma 2 (orang) bagian depan dan belakang saja,” jelas Dani.

    Manajemen Impian Jaya Ancol juga menempatkan petugas yang bertugas mengingatkan para pengunjung untuk memakai masker, jaga jarak, jaga kebersihan, sampai peringatan agar tak meludah sembarangan demi kesehatan dan keselamatan semua orang.

    Penting dicatat, Dufan hanya buka dari pukul 10:00 pagi sampai 17:00 sore. Sedangkan, tempat rekreasi di Ancol yang sudah buka adalah kawasan Pantai, Allianz Ecopark, Pasar Seni, Dunia Fantasi (Dufan), Ocean Dream Samudra dan Sea World Ancol, serta restoran yang berada di dalam kawasan Ancol dan penginapan Putri Duyung Resort serta Pulau Bidadari. Sementara untuk unit rekreasi air Atlantis Water Adventures dipersiapkan akan dibuka pada tahap selanjutnya.

    Selain itu juga ada penyesuaian pembukaan Pintu Gerbang Ancol, saat hari biasa (weekdays) pengunjung dapat melalui Pintu Gerbang Timur dan Busway, sementara untuk akhir pekan (weekend) dapat melalui Pintu Gerbang Barat, Timur dan Busway.
     

    Tag: new normal

    Bagikan :