Heboh Wabah Listeria, Ini 5 Manfaat Jamur Enoki bagi Kesehatan

| 26 Jun 2020 15:23
Heboh Wabah Listeria, Ini 5 Manfaat Jamur Enoki bagi Kesehatan
Jamur enoki (Foto: Freepik)
Jakarta, era.id - Jamur enoki belakangan ini membuat banyak orang panik. Sebab, jamur yang kerap ditemukan di masakan Korea itu mengakibatkan wabah listeria di Amerika Serikat, Kanada, dan Australia.

Untungnya, sampai hari ini di Indonesia belum ditemukan adanya kasus luar biasa (KLB) karena kontaminasi bakteri dari jamur enoki.

Listeria Monocytogenes adalah bakteri penyebab penyakit Listeria atau infeksi bakteri akibat keracunan makanan. Gejalanya adalah mual, pusing, kehilangan keseimbangan, dan sakit perut.

Bakteri ini menyebabkan penyakit Listeriosis yang mempunyai konsekuensi sakit hingga meninggal dunia, utamanya pada golongan rentan, balita, ibu hamil, dan manula.

Meski begitu, jamur enoki memiliki banyak manfaat bagi kesehatan asalkan dikelola dengan baik dan bersih. Dikutip dari Draxe pada Jumat (26/6/2020), berikut lima manfaat jamur enoki bagi kesehatan:

1. Bergizi

Jamur enoki memiliki kandungan rendah kalori. Selain itu, jamur enoki memiliki kandungan vitamin B, seperti niasin, tiamin dan riboflavin. Semua kandungan itu penting bagi fungsi otak, produksi energi, dan sintesis DNA.

Kandungan sejumlah antioksidan pada jamur enoki membantu menetralkan radikal bebas untuk melindungi dari penyakit kronis. Menurut penelitian di BioMed Research International, jamur enoki adalah sumber antioksidan yang bagus seperti quercetin, catechin, asam galat dan asam caffeic.

2. Baik untuk kesehatan jantung

Salah satu manfaat jamur enoki yang paling menjanjikan adalah baik untuk kesehatan jantung. Faktanya, studi yang telah diterbitkan di BioMed Research International menunjukkan bahwa hamster yang mengonsumsi ekstrak jamur enoki memiliki kadar kolesterol low density lipoprotein (LDL), dan trigliserida yang rendah. Semuanya adalah faktor risiko penyakit jantung.

3. Memerangi sel kanker

Sebuah studi menyatakan mengonsumsi jamur enoki dapat membantu melawan pertumbuhan dan perkembangan sel kanker. Protein yang terdapat dalam jamur ditemukan mampu mengurangi aktivitas tumor pada sel kanker hati. Demikian pula, penelitian lain dalam jurnal Oncology Reports mencatat jamur enoki secara efektif mampu menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

4. Tinggi serat

Setiap porsi jamur enoki mengandung nutrisi yang tinggi. Selain itu, jamur enoki juga tinggi serat dengan berat 1,8 gram dalam satu porsi jamur enoki. Serat memiki peran penting untuk kesehatan. Bahkan, jamur enoki bisa melindungi seseorang dari masalah kesehatan lainnya, seperti sembelit, wasir, divertikulitis, dan gastroesophageal reflux (GERD).

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Beberapa penelitian menemukan jamur enoki mengandung senyawa protein yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Bahkan, penelitian dari Taiwan menunjukkan jamur enoki bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Jamur enoki dapat mengurangi pertumbuhan tumor ketika diberikan pada tikus.
Rekomendasi