Sebelum Ada Korona, Penduduk di Pulau Ini Sudah Wajib Pakai Masker

Tim Editor

    Ilustrasi penduduk di Pulau Miyakejima (Foto: Twitter/@Sarah_Crowley1)

    Jakarta, era.id - Saat ini masker jadi kebutuhan penting di era new normal. Masker menjadi alat pelinding kesehatan dasar yang wajib dipakai keluar rumah berdasarkan aturan protokol kesehatan 

    Tapi, tahukah kamu ternyata ada salah satu pulau di Jepang yang menuntut masyarakatnya memakai masker seumur hidup. Letak pulau tersebut memang tersembunyi, lokasinya dekat gunung berapi, tepatnya di Pulau Miyakejima.

    Pulau ini berada di Taman Nasional Fuji-Hakone-Izu. Lokasinya tepat bagian dari kepulauan Izu dan berada di 180 kilometer pulau utama Jepang, Honshu. Meski hanya satu jam perjalanan dari Tokyo, mereka yang tinggal di Miyakejima harus selalu membawa masker gas atau respirator setiap saat.

    Alasannya, pulau ini memiliki sebuah gunung berapi aktif yang bernama Gunung Oyama. Dulunya, gunung ini pernah meletus pada 14 Juli 2000 silam. Gunung Oyama tercatat sudah 13 kali meletus.

    Meletusnya gunung menghasilkan kadar gas sulfur-oksida (belerang) dengan jumlah banyak. Maka dari itu, setiap orang yang berada di sana harus memakai masker.

    Miyake-Jima, Jepang
    Pulau Miyakejima, Jepang (Foto: Shutter Stock)

    Dikutip dari Express.co.uk, Rabu (1/7/2020), kondisi tersebut menghasilkan 42 ribu ton sulfur dioksida. Tentunya ini bisa mencemari pulau, juga memaksa penduduk setempat harus dievakuasi untuk menghindari keracunan gas.

    Setelah kejadian itu, aktivitas di pulau Miyakejima baru dibuka kembali pada 2005. Di mana keadaan gunung Oyama telah aman.

    Warga pulau Miyakejima diizinkan pulang kembali, walau gas beracun masih ada dan jadi ancaman warga.

    Seluruh penduduk baik orang dewasa atau anak kecil, harus membawa dan memakai masker supaya terhindar dari gas beracun.

    Bahkan, pengunjung diminta untuk memeriksa kondisi pernafasannya sebelum memasuki Pulau Miyakejima.

    Meski disebut sebagai tempat berbahaya di dunia, nyatanya masih ada ribuan orang tinggal di pulau ini. 

    Hal tersebut dikarenakan, pemerintah Jepang akan memberikan uang untuk warganya apabila masih tetap tinggal di Pulau Miyakejima.

    Jadi tidak usah heran, jika masih ada ribuan penduduk yang masih mau tinggal di sana.

    Tag: wisata erupsi gunung gempa di jepang

    Bagikan :