Alasan Mengapa Kita Tak Boleh Makan Mi Dicampur Nasi

Tim Editor

    Ilustrasi makan mi campur nasi. (Foto: shopee.co.id)

    Jakarta, era.id - Masih banyak orang yang menganggap tak masalah jika mencampur mi instan dan nasi untuk dikonsumsi. Faktanya, keduanya mengandung karbohidrat yang tinggi.

    Jadinya, jika tubuh kelebihan kalori bisa mengganggu kesehatan tubuh walau sebenarnya kalori adalah kebutuhan tubuh yang wajib dipenuhi. 

    Kelebihan kalori bisa membuat obesitas, karena kebanyakan kalori yang masuk, dibanding yang dikeluarkan oleh tubuh. Kalori yang tidak digunakan, diubah oleh tubuh menjadi cadangan lemak yang menggendutkan badan. 

    Jurnal dari Diabetology & Metabolic Syndrome mengungkapkan, obesitas meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, dislipidemia, resistensi insulin, tekanan darah tinggi atau hipertensi, dan aterosklerosis pada orang dewasa maupun anak-anak.

    Maka, atur pola makan dan olahragalah secara rutin agar kesehatan selalu optimal serta banyak minum air putih dan mengonsumsi makanan yang mengandung protein.

    Dari sisi kesehatan, kandungan mie instan memang kurang mencukupi. Namun, bagaimana caranya makan mie instan tanpa takut “dosa kalori”? Daripada menambahkan nasi, Anda bisa mencampurkan sayuran, daging, atau telur dalam mie instan. Meski tidak sehat secara penuh, tapi setidaknya masih ada kandungan yang bisa diproses cepat di dalam tubuh.

    Tag: kesehatan

    Bagikan :