Direnovasi Cepat, Kuatkah Bangunan dari 'Bedah Rumah' Itu?

Tim Editor

Program Bedah Rumah (Youtube)

Jakarta, era.id - Mungkin pernah ada yang bertanya, kok bisa ya tim bedah rumah cepat sekali renovasi rumahnya? Apakah rumahnya itu kuat? Lalu bagaimana dengan keluarga yang rumahnya dibedah itu, apakah nasibnya berubah atau tidak?

Jawaban untuk pertanyaan pertama, ya, kuat. Sebelum lebih jauh, baiknya tahu dulu soal Bedah Rumah. Program ini diselenggarkaan oleh salah satu tv swasta.

Jadi, tim tv itu mencari rumah orang-orang miskin yang sudah tidak layak tinggal, untuk dibedah.

Saat dipilih dan direnovasi, pemilik rumah itu akan diajak tim Bedah Rumah ke berbagai tempat untuk bersenang-senang dan diajak menginap di hotel, sembari menunggu pengerjaan rumahnya selesai.

Nah, acara yang identik dengan potongan semboyan "ayo kita bekerja, bedah rumah mereka" ini, ternyata, merenovasi rumah dengan material yang ekonomis seperti gypsum. Itu yang membuatnya cepat dikerjakan.

Apakah rumahnya akan bertahan lama, sebab toh gypsum mudah rusak jika terkena air secara langsung? Jawabannya, tergantung pemilik rumah. 

Jika ia pandai merawat rumahnya itu, ya rumahnya akan tahan lebih lama. Paling tidak, keluarga yang dibedah rumahnya, bisa bersyukur karena rumahnya direnovasi dan diubah sedemikian rupa.

Kedua berkat kerja sama tim. Iya, sih. Timnya terlihat cekatan dalam menyelesaikan proyek rumah itu. Jadi tak heran, kalau pengerjaan mereka pun akan selalu terarah, hingga selesai tepat waktu.

Terus uang dari mana sih rumah itu bisa dibangun? Apakah dana dari pihak tv? Pencetus program ini, Helmy Yahya pernah menjawabnya secara sederhana jika duit untuk renovasi rumah itu diambil dari dana sponsor.

Ada pertanyaan lain lagi yang sempat viral di twitter, soal bagaimana nasib keluarga yang rumahnya dibedah itu? Katanya, tetap begitu saja. Sementara rumah yang dibedah tidaklah bertahan lama karena bahannya lapuk kena panas dan hujan.
 

Tag: rumah susun

Bagikan: