Bahaya bagi Kesehatan, Makanan Ini Tak Boleh Disantap Saat Bersamaan

Tim Editor

Makanan pantang dimakan bersamaan (Foto: Pexels/Trang Doan)

Jakarta, era.id - Saking banyaknya makanan, terkadang kita suka bingung untuk memilih menu apa yang ingin disantap. Makanan yang terbaik adalah kombinasi dari rasa dan tekstur yang berbeda. 

Kebanyakan orang terbiasa makan dalam kombinasi keju dan daging, buah-buahan dalam salad, atau susu dengan buah. Namun, ahli higienis modern, ahli fisiologi, dan Ayurveda mengungkapkan ada beberapa macam kombinasi makanan yang berbahaya bagi kesehatan.

Kombinasi makanan ini sering membuat kamu merasa kembung, berat badan naik, dan cepat lesu. Kombinasi makanan dapat menghambat proses pencernaan dan menyebabkan sakit perut, mual, kelelahan serta kesulitan untuk menghilangkan limbah.

Dikutip Stylecrase pada Rabu (15/7/2020), berikut beberapa kombinasi makanan yang bisa membahayakan kesehatan sehingga perlu kamu hindari.

1. Karbohidrat dan protein hewani

Ketika kamu makan karbohidrat dengan protein (seperti daging yang dimakan dengan kentang atau roti), makanan itu bisa menangkal protein busuk dan fermentasi karbohidrat. Hal ini juga mengarah ke gas dan perut kembung. 

Orang yang telah makan kombinasi ini selama bertahun-tahun mungkin sudah kebal. Tetapi lebih baik kamu mengonsumsi makan kombinasi pelengkap seperti kacang dan nasi yang merupakan kombinasi yang baik.

2. Dua protein tinggi

Makanan kombinasi yang sama-sama mengandung protein tinggi dapat membebani sistem pencernaan dan membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Untuk menghindari hal ini, konsumsi makanan rendah protein terlebih dahulu dan makan daging setelahnya. Ingat, kamu jangan menunggu lebih dari 10 menit di sela-sela keduanya.

3. Makanan dan air/jus


Makanan dan jus (Foto: Unsplash/Ariv Kurniawan)

Minum air atau jus bersama makanan adalah salah satu kombinasi makanan paling beracun. Air dapat mencairkan asam lambung dan mengurangi efektivitasnya dalam memecah protein, karbohidrat, dan lemak. Jadi minumlah air 10 menit sebelum makan. Ini akan menjagamu dari makan berlebih atau mengencerkan enzim lambung.

4. Buah dan makanan

Kombinasi buah dan makanan adalah kombinasi yang buruk. Hal ini dikarenakan buah tidak cepat melewati sistem pencernaan dan ditahan dalam sistem serta gula di dalamnya mulai berfermentasi.

5. Yogurt dengan buah


Kombinasi yogurt dengan buah (Foto: Pexels/Pixabay)

Yogurt mengandung banyak bakteri yang berperan pada gula yang ada dalam buah-buahan. Ini menghasilkan racun, pilek, alergi. Kamu bisa menghindari masalah ini dengan menggunakan yogurt tanpa rasa  dan mencampur madu, kayu manis atau kismis sebagai pengganti buah segar.

6. Sereal dengan susu dan jus jeruk

Susu mengandung kasein dan jus jeruk mengandung asam. Saat keduanya dikombinasikan, maka akan mengental susu dan juga menghancurkan enzim yang ada dalam sereal bertepung. Untuk menghindarinya, minumlah jus buah setidaknya satu jam sebelum atau setelah mengonsumsi sereal.

7. Pisang dan susu


Pisang dan susu (Unsplash/Markus Winkler)

Ternyata kombinasi makanan satu ini bisa berbahaya saat berada di dalam perutmu. Sebaiknya kamu menghindari kombinasi ini. Apabila tidak bisa menahannya, kamu bisa tambahkan sejumput pala atau kayu manis untuk merangsang sistem pencernaan.

Tag: keracunan makanan bahaya kesehatan

Bagikan: