5 Cara Mengolah Chia Seed untuk Menu Diet, Praktis dan Enak

| 10 Jan 2024 20:36
5 Cara Mengolah Chia Seed untuk Menu Diet, Praktis dan Enak
Cara mengolah chia seed (Freepik)

ERA.id - Biji chia atau chia seed menjadi salah satu bahan makanan yang populer bagi orang-orang diet. Banyak pejuang diet yang mengonsumsi chia seed karena dipercaya termasuk makanan baik untuk menu diet sehat. Lantas bagaimana cara mengolah chia seed untuk membantu menurunkan berat badan?

Chia seed memang dikenal sebagai makanan yang memiliki banyak manfaat, sehingga dijuluki juga sebagai superfood. Biji-bijian yang berasal dari tanaman Salvia hispanica ini masuk termasuk keluarga tanaman mint. Bahan makanan ini mengandung beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan, sehingga kerap dipilih sebagai menu diet. 

Chia seed menyimpan kandungan nutrisi yang seimbang dan kompleks, mulai dari serat, protein, karbohidrat, dan asam lemak omega-3. Bagi Anda yang tengah menjalani program diet, ketahui cara mengolah chia seed yang tepat untuk dikonsumsi.

Cara mengolah chia seed (Freepik)

Cara Mengolah Chia Seed untuk Menu Diet

Sebagai makanan superfood, chia seed mampu memberikan rasa kenyang lebih lama di perut. Selain itu, chia seed juga dapat memperlambat tubuh dalam memproses makanan. Berikut ini cara mengolah chia seed jika Anda ingin menggunakannya sebagai menu diet sehat:

Mencampur Chia Seed ke Dalam Minuman

Salah satu cara paling mudah untuk mengonsumsi chia seed bagi peuang diet adalah dengan mencampurkannya ke dalam minuman. Biji chia biasanya dimasukkan ke dalam air putih biasa atau susu. 

Caranya tinggal mencampurkan 40 gram biji chia ke dalam satu liter air. Kemudian diamkan campuran chia seed dan air tersebut selama 20-30 menit. Supaya lebih nikmat dan tidak hambar, Anda bisa menambahkan madu atau air perasan lemon. 

Mengolah Chia Seed Jadi Puding

Cara lain mengolah chia seed yang bisa Anda coba adalah sebagai bahan puding. Anda bisa membuat puding chia dengan bahan biji chia. Caranya adalah dengan mendiamkan biji chia di dalam air. Semakin lama direndam, maka chia seed akan semakin mengental. 

Selanjutnya masukkan biji chia ke dalam yoghurt atau susu. Diamkan olahan tersebut selama semalaman. Sajian dari puding chia bisa Anda nikmati untuk sarapan pagi. Anda bisa menambahkan topping seperti potongan buah atau kacang-kacangan. 

Memasukkan Chia Seed ke Smoothies

Kalau suka dengan rasa yang lebih segar, kamu bisa mencampurkan biji chia ke dalam smoothie. Bisa dicampur bersamaan saat dihaluskan atau jadi taburan di atasnya. Enak banget disantap saat cuaca sedang terik, nih!

Jadikan Chia Seed sebagai Taburan atau Topping

Bagi Anda yang tidak ingin repot, bisa juga menggunakan chia seed sebagai taburan atau topping. Anda tinggal menaburkan biji chia mental ke berbagai sajian makanan, seperti salad, oatmeal, hingga sup. 

Cukup dengan menaburkan satu sendok makan chia seed atau sesuai selera Anda. Langkah ini cocok dilakukan bagi Anda yang ingin mengonsumsi chia seed secara praktis atau tidak ribet.  

Panggang Chia Seed dengan Roti

Chia seed juga bisa dikonsumsi dengan roti. Anda  bisa membuat menu sarapan dengan chia seed yang dipanggang bersama roti. Caranya dengan menaburkan biji chia di atas roti atau mengolah chia seed menjadi puding untuk olesan. Jika ingin rasanya lebih nikmat, tambahkan bubuk cokelat atau bubuk kayu manis. 

Manfaat Chia Seed untuk Kesehatan

Chia seed memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena menyimpan beragam nutrisi penting bagi tubuh. Inilah sejumlah alasan pentingnya mengonsumsi chia seed sebagai makanan sehat:

  • Membantu Menurunkan Berat Badan
  • Menjadi Sumber Serat
  • Mengurangi Risiko Diabetes
  • Mengobati Divertikulosis
  • Melancarkan Pencernaan
  • Melawan Penyakit Jantung

Demikianlah cara mengolah chia seed untuk menu makanan program diet. Biji chia termasuk makanan rendah kalori sehingga membuat kenyang lebih lama. Selain cocok untuk pejuang diet, makanan ini juga memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan. Baca juga menu olahan oatmeal untuk diet.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi