Kala Kim Jong Un Menonton K-Pop

Tim Editor

Sedang memuat podcast...

Ilustrasi (era.id)

Jakarta, era.id - Apa yang terbayang pertama kali ketika nama Korea Utara disebut? Isolasi? Diktator? Kejam? Ya, kesan-kesan itu memang akrab dengan negara pimpinan Kim Jong Un tersebut.

Tapi, Minggu (1/4/2018) kemarin, ada 11 artis K-Pop dari Korea Selatan yang melakukan konser di Pyongyang, Ibu Kota dari Korea Utara. Peristiwa ini tergolong luar biasa mengingat sejatinya dua negara itu masih berada dalam tahap gencatan senjata usai Perang Korea pada periode 1950-1953.

Konser 11 artis K-Pop ini adalah kunjungan balasan setelah sejumlah artis Korea Utara melakukan pertunjukan seni pada Februari 2018 lalu di Korea Selatan. 11 artis K-Pop ini terdiri dari sejumlah nama beken seperti girlband Red Velvet, bintang rock Yoon Do-hyun dan Lee Sun-hee.

Konser yang berlangsung di East Pyongyang Grand Theatre itu bertajuk Spring is Coming dan ternyata dihadiri Sang Pemimpin Besar Korea Utara, Kim Jong Un dan istrinya, Ri Sol Ju.

Dilansir dari NBC News, Menteri Kebudayaan Korea Selatan, Do Jong-hwan mengatakan, Kim Jong Un sangat tertarik dengan lagu-lagu yang dibawakan. Jong Un bahkan terlihat antusias bertepuk tangan saat pertunjukan seni tersebut. Dia juga berpose bersama beberapa artis K-Pop usai pertunjukan berlangsung.



“Dia (Kim Jong Un) sangat tertarik sepanjang pertunjukan dan bertanya mengenai lagu maupun lirik yang dibawakan.” Ujar Jong-hwan pada NBC News, Senin (2/4/2018).

Baca: Tabir Gelap Panggung K-Pop

Selain pertunjukan musik, delegasi Korea Selatan juga mengirimkan sejumlah atlet taekwondo yang menunjukan demo bela diri sebelum konser K-Pop tersebut dimulai.

Konser K-Pop selanjutnya yang akan digelar di Korea Utara adalah pada hari Selasa, 4 April 2018. Konser itu akan diadakan di Ryukyung Chung Ju Yung Gymnasium dan melibatkan kolaborasi artis kedua negara. Kolaborasi ini adalah upaya dari Chung Ju-yung yang telah lama dikenal sebagai advokat untuk urusan pertukaran budaya bagi kedua Korea.

Jadi tertarik nonton K-Pop di Korea Utara?

Tag: k-pop

Bagikan: