Resep Praktis Ramadan: Ikan Fillet Rumahan

Tim Editor

Sedang memuat podcast...

Ilustrasi (era.id)

Jakarta, era.id - Santap sahur, ada baiknya menyantap makanan yang mengandung protein tinggi. Protein yang tinggi itu bisa berasal dari ikan, apalagi ikan laut.

Nah, kali ini, tim era.id memberikan informasi tentang penganan olahan dari ikan laut jenis kakap. Tidak sulit untuk mengolah ikan yang dagingnya lezat ini. Menu yang kami bawa adalah ikan fillet.

Ikan fillet adalah ikan yang sudah dipotong tipis-tipis. Biasanya ikan fillet sudah dipisahkan dengan tulangnya agar mudah dinikmati. 
 
Selain itu, ada beberapa ikan fillet yang sudah dibumbui dan tinggal dimasak sesuai selera. Kalaupun belum, cukup tambahkan sedikit garam dan lada, lalu masak sesuai keinginan kamu. Ikan fillet sendiri tergolong bergizi karena kebanyakan mengandung omega 3, protein dan Vitamin A.

Nah, buat kamu yang penasaran, kami berikan resep dan cara membuatnya berdasarkan cookpad.com:

(4 porsi)
Bahan yang dibutuhkan:
-500 gr fillet ikan kakap (atau ikan lain)
-jeruk nipis
-2 lembar daun salam
-1 ruas lengkuas geprek
-2 lembar daun jeruk
-1 batang serai geprek
-1 batang daun bawang potong-potong
-secukupnya gula, garam
-penyedap rasa (optional)

bumbu halus :
-3 butir bawang merah
-3 butih bawang putih
-2 butir kemiri
-1 ruas kunyit


(Infografis/era.id)

Cara memasaknya adalah mencuci bersih ikan yang kemudian diberi perasan jeruk nipis dan sedikit garam. Setelah itu, tumis bumbu halus hingga harum, lalu masukkan daun salam, lengkuas, serai, dan daun jeruk

Setelah berbau harum, masukan ikan. Kemudian, tambahkan air secukupnya, beri gula, dan garam. Didihkan sampai ikan matang dan bumbu meresap, masukan daun bawang. Cicipi terlebih dulu sebelum disajikan. Jika rasanya sudah oke, silakan sajikan dan santap bersama dengan keluarga. Selamat mencoba.

Tag: eramadan menu sahur dan buka puasa kuliner ramadan

Bagikan: