Fakta dan Rekor Unai Emery

| 23 May 2018 17:31
Fakta dan Rekor Unai Emery
Unai Emery saat meraih trofi Liga Europa bersama Sevilla (Twitter @OptaJoe)
Jakarta, era.id - Apa yang membuat Arsenal kepincut kepada Unai Emery? Apa saja keistimewaan mantan pelatih Sevilla dan Paris Saint-Germain? Tim era.id akan memberikan fakta dan rekor kepelatihan Emery yang dilansir dari OptaJoe.

Dalam lima tahun terakhir, jumlah trofi yang diraih Emery lebih banyak dibandingkan pelatih-pelatih top dunia lainnya. Dengan jumlah 10 trofi, Emery mengalahkan Pep Guardiola (9), Arsene Wenger (6), Jose Mourinho (5), Antonio Conte (4), Jurgen Klopp (2) dan Mauricio Pochettino (0).

Rasio kemenangan yang dicatatkan Emery mencapai angka 73,7 persen, sementara rasio poin per pertandingannya mencapai 2,37 persen. Ini merupakan yang terbaik di antara pelatih-pelatih Paris Saint Germain lainnya.

Emery memenangi tujuh dari delapan gelar domestik yang diikutinya bersama PSG, yakni; Trophée des Champions (2), Coupe de la Ligue (2), Ligue 1, Coupe de France (2); hanya Laurent Blanc yang mampu memenangkan trofi lebih banyak dari Emery di PSG. Mantan pelatih timnas Prancis memenangkan 11 trofi.

Baca Juga : FA Dakwa Arsenal Gagal Kendalikan Pemain

Setelah menyabet trofi Liga Europa pada 2013-14, 2014-15 dan 2015-16 bersama Sevilla, Emery mencatatkan diri sebagai pelatih terbanyak yang mampu meraih gelar Piala UEFA/Liga Europa. Emery bersanding dengan  mantan pelatih Bayern Munich, Juventus dan Fiorentina Giovanni Trapattoni dengan jumlah tiga gelar. 

Satu catatan khusus. Emery menjadi satu-satunya manajer yang mampu menyabet trofi Liga Europa dalam tiga musim beruntun.

Sayangnya, dalam 15 pertemuan dengan Pep Guardiola (10) dan Jose Mourinho (5). Emery tidak pernah menang sekali pun di mana hasil terbaik yang diraihnya hanya imbang lima kali. Ini tentunya menjadi pekerjaan rumah buat Emery, mengingat Pep dan Mou bakal lebih sering dia hadapi di Liga Premier.

 

Tags : arsenal
Rekomendasi