Ilmuwan Nyatakan Pluto Adalah Komet Besar

| 30 May 2018 04:15
Ilmuwan Nyatakan Pluto Adalah Komet Besar
Ilustrasi (Pixabay)
Los Angeles, era.id - Dalam beberapa tahun terakhir, status Pluto sebagai sebuah planet selalu diperdebatkan. Setelah statusnya sebagai planet sempat dicabut, kali ini para ilmuwan memiliki sebuah teori baru yang menyatakan Pluto adalah komet besar. 

Sebelumnya, pemikiran ilmuwan menyatakan Pluto terbentuk sejak 4,6 miliar tahun lalu yang terdiri dari gas, kumpulan es, serta inti planet yang berbatu menciptakan sebuah bola besar dan terletak pada orbit yang mengelilingi matahari. 

Akan tetepi, pandangan terbaru tim ilmuwan yang berasal dari Southwest Research Institute datang dengan sebuah teori bahwa Pluto terbentuk di ujung tata surya kita, yang sering disebut the cosmochemical model of Pluto formation.

Data tersebut dikumpulkan peneliti dari ruang medium luar angkasa milik NASA dan Misi Rosetta yang diluncurkan ke komet 67P/Churyumov-Gerasimenko milik European Space Agency (ESA).

Dr. Christopher Glein dari Institut Saind dan Teknik Ruang Angkasa, Southwest Research Institute (SWRI) sekaligus peneliti utama mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Kami menemukan konsistensi yang menarik antara perkiraan jumlah nitrogen di dalam gletser. Komposisi planet yang dimiliki oleh Pluto milir dengan komposisi komet yang diteliti oleh misi Rosetta," ujarnya. 

Untuk memastikan Pluto merupakan sebuah komet, para ilmuwan membutuhkan data tambahan mengenai jumlah nitrogen yang ada di Pluto, dan memperkirakan berapa banyak unsur yang bisa keluar dari atmosfernya selama ribuan tahun. 

Baca Juga : Hal-hal Unik di Planet Mars

Tags :
Rekomendasi