Komet Setan Sebesar Gunung Everest Akan Meledak Akhir Pekan Ini

| 30 Dec 2023 16:32
Komet Setan Sebesar Gunung Everest Akan Meledak Akhir Pekan Ini
Ilustrasi. (Twitter @nypost)

ERA.id - Sebuah komet yang lebih besar dari Gunung Everest sedang melaju menuju Bumi. Komet yang secara resmi dikenal sebagai 12P/Pons-Brooks meledak hebat setiap 15 hari dan mengeluarkan es dan gas. Ledakan berikutnya diperkirakan terjadi pada 30 Desember ini.

Letusan komet tersebut seperti letusan gunung berapi. Para astronom menemukan bahwa ia berputar dalam periode dua minggu.

"Komet 12P memiliki super cryogeyser, yang letusannya dipicu setelah matahari terbit setempat di lokasinya," kata Richard Miles dari British Astronomical Association dikutip dari Sputnik.

Komet berdiameter sekitar 19,6 mil itu akan berada pada titik terdekatnya dengan Bumi pada bulan April 2024 dan akan terlihat dengan mata telanjang pada bulan Mei dan Juni tahun itu.

Komet itu juga dijuluki "Komet Setan" karena tampak bertanduk saat meletus. Ia digambarkan sebagai komet tipe Halley karena mengorbit Matahari setiap 71 tahun—mirip dengan Komet Halley yang membutuhkan waktu 76 tahun untuk mengorbitnya.

Namun, seiring dengan semakin terangnya komet tersebut, ia juga mulai kehilangan tanduknya dan berubah bentuk menjadi lebih bulat.

Rekomendasi