Kilas Grup A Piala Dunia 2018: Kemilau Salah

Tim Editor

Sedang memuat podcast...

Ilustrasi (Mia/era.id)

Jakarta, era.id - Piala Dunia Rusia merupakan Piala Dunia ke-21 dalam sejarah FIFA. Berlangsung selama sebulan penuh dari 14 Juni-15 Juli, melibatkan 32 tim yang terdiri dari 31 tim peserta babak kualifikasi dan satu tim tuan rumah. 

Total 64 pertandingan akan dimainkan di 12 stadion yang berlokasi di 11 kota di mana partai final pesta sepak bola sejagad ini akan dimainkan di Luzhniki Stadium di Moskow pada 15 Juli. Mulai hari ini, Kamis (31/5/2018) tim era.id akan mengupas Piala Dunia dari berbagai sisi.  Yang pertama, kami bahas tim yang tergabung di Grup A.  

Sejak pengundian babak fase grup dan putaran final, Rusia berambisi meraih hasil maksimal dalam sejarah keikutsertaannya di Piala Dunia. Sejak Uni Sovyet pecah, Rusia belum mampu keluar dari kutukan lolos fase grup. Tapi kini Rusia bermain di kandang sendiri. Mereka akan mengerahkan segala kemampuannya.

Tim asuhan pelatih Italia Fabio Capello memasang target lolos ke perempat final. Bukan target yang sulit apabila Igor Akinfeev dkk mampu memanfaatkan peluang melawan peserta lain dalam grup ini: Arab Saudi, Mesir, dan Uruguay. Hanya saja  ambisi itu sedikit tercoreng karena Tim Beruang Merah kalah 0-1 dalam laga uji coba melawan Austria pada Rabu (30/5) kemarin. 

Ini merupakan pertandingan keenam beruntun Rusia yang berakhir tanpa kemenangan. Sebelumnya, mereka juga kalah dari Brasil dan Prancis. Kemenangan terakhir Akinfeev dkk diraih atas Korea Selatan pada Oktober 2017, sementara laga uji coba terakhir sebelum Piala Dunia akan berlangsung 5 Juni mendatang melawan Turki.

Sementara itu, Arab Saudi tetap menjadi kuda hitam grup ini. Meski hanya menempati peringkat 70 dalam daftar FIFA, tim asuhan Juan Antonio Pizzi menargetkan diri untuk lolos dari fase grup. Tiga pemain Arab Saudi yang bermain di Liga Spanyol: Salem Al Dawsar (Villareal), Yahya Al-Shehri (Leganes), dan Fahad Al-Muwallad (Levante) diharapkan mampu menjadi sosok kunci.

Adapun pasukan Negeri Piramida Mesir juga tidak berniat hanya menjadi turis di Rusia. Superstar mereka, Mohamed Salah diprediksi akan menjadi motor serangan utama Sang Firaun sekaligus pusat perhatian para pencinta sepak bola. Mesir generasi kini juga diperkuat oleh beberapa pemain beken lainnya seperti Mohamed Elnenny (Arsenal) dan Ahmed Hegazi (WBA). Semoga Salah pulih tepat waktu dari cedera bahu yang dideritanya saat ini. 

Terakhir adalah Uruguay. Negara ini berhasil lolos ke Piala Dunia setelah menempati peringkat kedua di kualifikasi piala dunia zona Amerika Selatan. Negara peringkat ke-21 FIFA tersebut kembali akan diperkuat oleh mega bintangnya; Edinson Cavani dan Luis Suarez sebagai tandem di lini depan.

Grup A akan memulai pertandingannya pada 14 Juni 2018 dalam laga pembuka Rusia versus Arab Saudi di Stadion Luzhniki, Moskow. Grup ini akan memainkan pertandingan di enam stadion, yakni; Stadion Luzhniki Moskow dan Stadion Sentral Yekanterin Burg pada 14-15 Juni 2018, Stadion Krestovsky Saint Petersburg dan Rostov Arena pada 19-20 Juni 2018, serta Cosmos Arena Samara dan Volgograd Arena pada 25 Juni 2018.

Baca Juga : Kaliningrad, Stadion Piala Dunia di Atas Rawa

Tag: piala dunia rusia

Bagikan: