Apple Izinkan Telegram Lakukan Pembaruan iOS di Rusia

| 04 Jun 2018 14:40
 Apple Izinkan Telegram Lakukan Pembaruan iOS di Rusia
Ilustrasi (era.id)
Jakarta, era.id - Akhirnya, Apple menyetujui versi terbaru aplikasi Telegram iOS. Sebelumnya, CEO Telegram, Pavel Durov menyatakan, iOS telah menunda proses pembaruan aplikasi Telegram setelah ada larangan dari pemerintah Rusia. 

Dilansir dari theverge.com, Pemerintah Rusia pertama kali memerintahkan larangan Telegram pada pertengahan April tahun ini. Larangan ini dikeluarkan karena pihak Telegram tidak ingin pemerintah Rusia mengintervensi keamanan privasi data penggunanya. 

Pemerintah Rusia berusaha menangkal pengguna Telegram di negara tersebut dengan cara memblok IP penggunanya, dan menghalangi masyarakat mengunduh Telegram via pihak ketiga penyedia applikasi seperti Google Play Store.

 

Tapi, Apple enggan untuk menarik Telegram dari App Store versi Rusia. Hal tersebut membuat pihak berwenang Rusia mengirimkan surat berkekuatan hukum untuk menuntut Apple menghapus aplikasi dalam satu bulan ke depan. Jika tidak, Apple akan menghadapi beberapa jenis hukuman karena melanggar aturan yang telah ada di negara tersebut. 

Walau tidak mencabut Telegram dari iOS, Apple sejak bulan Maret telah menghambat proses pembaruan Telegram di seluruh dunia, tidak hanya untuk pengguna di Rusia. Bagi Durov, hal itu adalah masalah besar karena Apple telah melanggar undang-undang GDPR baru Uni Eropa. Dengan aturan itu, Apple bisa didenda dengan nominal yang cukup besar.

"Apple telah mencegah Telegram memperbarui aplikasi iOS-nya secara global sejak pihak berwenang Rusia memerintahkan Apple untuk menghapus Telegram dari App Store, sementara pengguna Telegram yang berasal dari Rusia hanya 7 persen," ujar Durov dilansir dari cuitannya melalui akun @durov.

 

Setelah Durov menyatakan pendapat itu, Apple mulai membiarkan pembaruan aplikasi iOS Telegram. Dalam cuitan lanjutannya, Durov berterima kasih kepada CEO dan tim Apple karena mengizinkan pembaruan Telegram. 

Tags : produk apple
Rekomendasi