iPhone yang Tidak Bisa Update iOS 17, Apa Saja? Simak di Sini

| 19 Sep 2023 17:25
iPhone yang Tidak Bisa Update iOS 17, Apa Saja? Simak di Sini
Ilustrasi iPhone (foto: phone Arena)

ERA.id - Pada setiap tahunnya, Apple selalu rutin meluncurkan pembaruan untuk sistem operasi iPhone, yaitu iOS. Pada september 2022 lalu, iOS 16 resmi hadir, dan setelahnya update iOS 17 diluncurkan pada tahun 2023. Peluncuran update iOS 17 ini adalah momen yang dinanti-nantikan para pengguna iPhone untuk memanfaatkan fitur baru yang semakin dikembangkan. Namun, tahukah Anda, ternyata ada pula iPhone yang tidak bisa update iOS 17.

Update iOS 17 ini dirumorkan untuk menerima perubahan baru pada interface, perbaikan bugs, dan fitur-fitur baru yang lain. Namun, beberapa seri iPhone jenis lama atau yang sudah berumur, tidak akan mendapat update iOS terbaru. Kebijakan ini tentunya menjadi kabar yang menyedihkan bagi beberapa pengguna seri iPhone terdahulu, sebab fitur-fitur update iOS 17 tersebut tidak dapat digunakan pada seri iPhone yang lama.

Tentunya hal tersebut dilatarbelakangi oleh beberapa alasan tertentu. Lantas, apa saja seri iPhone yang tidak lagi mendukung update iOS 17 sebagai sistem operasi perangkatnya? Simak penjelasan di bawah ini.

Ilustrasi iPhone (Foto: Pixabay/lukgehr)

Pembaruan Fitur iOS 17

Update iOS 17 diperkirakan akan menghadirkan fitur-fitur baru yang berguna dan banyak diminta oleh para penggunanya. Apple sendiri dicanangkan akan mendukung sideloading dari aplikasi dan aplikasi pihak ketiga, tetapi pembaruan ini akan lebih memberikan dampak untuk masyarakat Eropa. Selain itu, fitur iOS 17 juga akan menambahkan widget dan multiple displays pada CarPlay.

Rumor lainnya mengenai fitur iOS 17 yaitu pengembangan pada Dynamic Island, Control Center, dan Active Widgets. Beberapa sumber juga menjelaskan bahwa pembaruan fitur iOS 17 lebih menitikberatkan fokus pada pengembangan minor untuk memperbaiki pengalaman pengguna. Dari tampilan visual, Apple tidak akan memberikan perubahan besar dalam update iOS 17.

IPhone yang tidak bisa update iOS 17

Seperti yang sudah dilakukan Apple pada tahun-tahun sebelumnya, ada beberapa seri iPhone terdahulu yang tidak dapat menggunakan update iOS 17 sebagai sistem operasi terbarunya. Melihat kebijakan Apple yang tidak akan memberikan update iOS terbaru pada iPhone yang telah rilis selama 5 hingga 6 tahun sejak peluncurannya.

Seri iPhone yang tidak akan mendukung iOS 17 salah satunya adalah iPhone 8. Seri HP ini adalah seri yang dirilis pada tahun September 2017 lalu. Sistem operasi HP yang berusia 6 tahun ini diinformasikan akan terhenti pada iOS 15. Selain iPhone 8, seri iPhone berikutnya yang tidak akan support iOS 17 yaitu iPhone 8 Plus yang diluncurkan pada tahun yang sama. Seperti halnya iPhone 8, iPhone 8 Plus juga dikabarkan tidak dapat menerapkan pembaruan pada fitur iOS 17 terbaru.

Seri iPhone terakhir yang tidak akan mendukung update iOS 17 yaitu iPhone X. Pada November 2017 lalu, seri HP ini sudah dirilis dan sayangnya hanya akan berhenti pada fitur-fitur terbatas iOS 16. Adapun seri iPhone yang masih bisa mendukung update iOS 17 antara lain iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, seri iPhone 11 dan iPhone Pro, seri iPhone 12 dan iPhone 12 Pro, seri iPhone 13 dan iPhone 13 Pro, dan juga seri iPhone 14 dan iPhone 14 Pro.

Demikianlah ulasan tentang iPhone yang tidak bisa update iOS 17. Kira-kira, seri iPhone mana yang sekiranya Anda pilih setelah mendengar informasi ini?

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi