Sudah Tahukah iOS 16 untuk iPhone Apa Saja? Ini Daftar Seri dan Pembaruan yang Dilakukan Apple

| 13 Sep 2022 20:35
Sudah Tahukah iOS 16 untuk iPhone Apa Saja? Ini Daftar Seri dan Pembaruan yang Dilakukan Apple
Pratinjau iOS 16 untuk iPhone (apple.com)

ERA.id - Kabar baik bagi para pengguna iPhone sebab pembaruan iOS telah dilakukan. Pada Juni lalu, selama keynote WWDC, Apple memperkenalkan iOS 16. Setelah itu, sekitar 14 pekan lalu, mereka mengumumkan tanggal rilis resminya.

Namun, iOS 16 untuk iPhone apa saja?

iPhone 8 dan iPhone 8 Plus (apple.com)

Ya, tidak semua jenis iPhone bisa melakukan pembaruan untuk bisa menikmati kemampuan iOS 16. Seri lama tak kebagian jatah.

Padahal, sistem baru yang sudah bisa diunduh dan dipasang di perangkat ini diklaim oleh Apple segabai sistem yang menyempurnakan iPhone menggunakan fitur personalisasi yang baru, kecerdasan yang lebih dalam, serta cara yang lebih mulus untuk melakukan komunikasi dan berbagi, dikutip Era dari laman resmi Apple.

Sistem iOS 16 untuk iPhone Apa Saja?

Dilansir Cnet, Selasa 13 September, seri iPhone terendah yang bisa melakukan pembaruan untuk menggunakan iOS 16 adalah iPhone 8. Berikut ini adalah daftar lengkap iPhone yang bisa menggunakan iOS 16.

·         iPhone 8

·         iPhone 8 Plus

·         iPhone X

·         iPhone XS

·         iPhone XS Max

·         iPhone XR

·         iPhone 11

·         iPhone 11 Pro

·         iPhone 11 Pro Max

·         iPhone 12

·         iPhone 12 Mini

·         iPhone 12 Pro

·         iPhone 12 Pro Max

·         iPhone 13

·         iPhone 13 Mini

·         iPhone 13 Pro

·         iPhone 13 Pro Max

·         iPhone SE (generasi kedua dan lebih baru)

Satu lagi jenis iPhone yang bisa menggunakan iOS 16 adalah iPhone 14. Seri ini memang belum dirilis, tetapi nantinya akan hadir dengan sistem terbaru milik Apple tersebut.

Pembaruan di iOS 16

1.    Layar Terkunci

Salah satu pembaruan yang dilakukan oleh Apple terhadap sistem operasinya adalah pengonsepan ulang Layar Terkunci. iPhone Anda bisa lebih mudah dikenali dengan cara baru untuk mempersonalisasi Layar Terkunci. Anda bisa memamerkan foto favorit, mengatur gaya font, dan menampilkan widget yang digunakan untuk melihat informasi secara sekilas.

Pratinjau iOS 16 (apple.com)

Nah, widget yang tampak di Layar Terkunci membuat Anda bisa melihat berbagai data, misalnya tanggal, acara kalender, cuaca, alarm, zona waktu, tingkat baterai, dan aplikasi-aplikasi lain secara sekilas.

Selain itu, Anda juga bisa membuat beberapa Layar Terkunci menggunakan berbagai gaya dan latar belakang (background). Pengubahan Layar Terkunci juga bisa dilakuan dengan mudah.

Pembaruan yang lain masih berkaitan dengan Layar Terkunci. Anda bisa melihat pemberitahuan di Layar Terkunci dengan tampilan daftar, tampilan bertumpuk, atau tampilan tersembunyi yang diperluas. Selain itu, pemberitahuan tersebut akan muncul pada bagian bawah layar. Hal ini membuat tampilan utama Layar Terkunci iPhone Anda tidak tertutupi oleh pemberitahuan yang masuk. Masih ada beberapa hal baru yang bisa dinikmati di iOS 16 terkait Layar Terkunci.

2. Fokus

Pengaturan Fokus disederhanakan. Anda bisa memilih aplikasi dan orang yang ingin Anda terima pemberitahuannya dengan mengizinkan atau menyenyapkannya. Anda juga bisa menghubungkan Layar Terkunci dengan Fokus sehingga tampilan dan suasana yang ditampilkan iPhone sesuai penggunaannya. Dalam sekali usap, Anda bisa beralih dari Fokus Pribadi ke Fokus Kerja menggunakan widget yang menampilkan rapat dan daftar tugas yang akan dilaksanakan.

3. Foto

Anda bisa dengan lebih mudah berbagi foto dengan anggota keluarga. Anda cukup memilih apa yang akan disertakan berdasarkan tanggal mulai atau orang-orang dalam foto.

Jika perpustakaan bersama telah siap, Anda bisa langsung membagikan foto dari Kamera, memilih untuk berbagi secara otomatis saat anggota perpustakaan ada di dekat Anda, dan mendapatkan saran untuk menambahkan foto ke perpustakaan bersama di bagian Untuk Anda.

Itulah beberapa pembaruan yang dilakukan oleh Apple. Sistem iOS 16 juga masih memiliki beberapa pembaruan lain yang akan membuat pengguna bisa lebih enjoy dan mendapat kemudaha dalam penggunaan perangkat.

Rekomendasi