Yang Lagi di Rusia, Baca Dulu Panduan ini

| 17 Jun 2018 05:45
Yang Lagi di Rusia, Baca Dulu Panduan ini
Bus wisata bergambar Wonderful Indonesia di Lapangan Merah, Moskow (Foto: KBRI Moskow)
Moskow, era.id - Hei kamu yang ada di Rusia, atau yang lagi bersiap terbang ke sana buat menonton Piala Dunia 2018. Ada sejumlah informasi yang wajib kamu tahu selama berada di sana.

Panduan ini dirilis secara resmi oleh KBRI di Moskow. Silakan baca dan simpan sebagai pegangan kamu.

Visa

1. Jika tidak memiliki tiket untuk menonton pertandingan, harus mengurus visa sebelum tiba. Informasi mengenai pengajuan visa dapat dilihat pada tautan berikut: https://visa.kdmid.ru.

2. Jika memiliki tiket menonton pertandingan, maka tidak diperlukan visa. Untuk menyeberangi perbatasan atau berjalan bebas dari bandara setelah tiba di Rusia, harus menunjukkan tiket dan ID Penggemar (Fan ID).

3. Bagi seorang jurnalis terakreditasi yang meliput Piala Dunia atau secara resmi telah berpartisipasi dalam persiapan Piala Dunia ini, akan diberikan perjalanan bebas visa ke Rusia mulai lima bulan sebelum pertandingan pertama dimulai.

4. Bagi pemegang paspor Diplomatik atau Dinas, dapat memasuki wilayah Rusia tanpa visa selama 14 (empat belas) hari.

Fan ID

FAN ID adalah kartu khusus penonton/pengunjung yang dikeluarkan oleh pemerintah Rusia. Setiap orang yang akan menonton pertandingan di Rusia harus memiliki ID Penggemar, termasuk anak-anak, penduduk dan warga negara Rusia. Kartu ini dikeluarkan satu kali dan dapat digunakan untuk semua pertandingan Piala Dunia.

Bagi Warga Negara Asing, FAN ID dapat menjadi dokumen pengganti visa untuk masuk dan berada di wilayah Federasi Rusia pada periode 4 Juni-25 Juli atau sepuluh (10) hari sebelum pertandingan pertama (14 Juni) hingga sepuluh (10) hari setelah pertandingan terakhir (15 Juli).

Tiket

Tiket mulai dijual mulai tanggal 14 September 2017. Tahap kedua penjualan tiket dimulai pada tanggal 5 Desember 2017. Tiket dapat dibeli dengan kartu kredit, transfer, atau uang tunai (hanya berlaku di Rusia). Tersedia tiket masuk khusus bagi penyandang cacat, pengguna kursi roda, orang-orang dengan anjing pemandu, dan penderita obesitas. Hindari membeli tiket pada calo, karena dikhawatirkan itu merupakan tiket palsu. Pemerintah Rusia menindak tegas pencaloan penjualan tiket.

Transportasi

1. Untuk pembelian tiket kereta, Anda dapat membuka tautan tutu.ru (tersedia dalam Bahasa Inggris), dan situ resmi kereta api rzd.ru (namun hanya tersedia dalam Bahasa Rusia).

2. Pembelian tiket kereta dapat dilakukan secara online atau membeli di loket stasiun kereta. Di Moskow terdapat stasiun Leningradsky, statisun Kurskaya, stasiun Kazanski, stasiun Ryzhki, stasiun Yaroslavski, dan stasiun Beloruskaya.

3. Pembayaran tiket dapat dilakukan dengan kartu kredit atau uang tunai (hanya di Rusia).

4. Terdapat tiga bandara di kota Moskow: Bandara Domodedovo (DME), Bandara Sheremetyevo (SVO), dan Bandara Vnukovo (VKO).

5. Tiket pesawat dapat dibeli melaui situs perjalanan favorit Anda.

6. Terdapat beberapa maskapai penerbangan, seperti Aeroflot, S7 yang merupakan dua maskapai besar di Rusia.

7. Perjalanan dari Bandara-bandara tersebut ke pusat kota Moskow dapat ditempuh dengan kereta cepat Aero express (Informasi mengenai jadwal dan pembelian tiket kereta dapat dilihat pada tautan berikut: https://aeroexpress.ru/en/), taksi (kami menyarankan menggunakan aplikasi Uber), dan bis yang mengantar ke metro terdekat dari Bandara.

Transportasi dalam kota

1. Transportasi di dalam kota Moskow: Metro, Bis, Trem, Marshutka, dan taksi.

2. Pengguna transportasi umum di kota Moskow harus membeli kartu transportasi “EDINNY” yang dapat dibeli di setiap loket Metro Moskow. Tiket ini dapat digunakan untuk jenis transportasi bis, metro, dan trem di dalam kota Moskow.

3. Harga tiket bervariasi mulai dari 55 rubel per satu kali perjalanan sampai pada 1700 rubel untuk 60 kali perjalanan.

4. Tiket “EDINNY” juga memiliki tariff tanpa batas untuk 1, 3, 7, 30, 90, 365 hari. Harga dimulai dari 210 rubel untuk tiket harian tanpa batas, sampai pada 18200 untuk tiket tahunan tanpa batas.

Penting!!!

1. Setiap WNA wajib menyimpan lembar imigrasi yang diberikan pada saat pemeriksaan passport. Lembar imigrasi tersebut akan digunakan untuk melakukan registrasi keberadaan WNA di Rusia oleh pihak hotel. Pihak hotel wajib melakukan registrasi seluruh tamu asing 1x24 jam setelah check-in, dan tamu akan diberikan lembar registrasi. Mohon agar lembar imigrasi dan registrasi tersebut disimpan dengan baik.

2. Jika WNA akan pindah hotel di dalam kota atau ke kota lain, maka diperlukan registrasi ulang di hotel yang baru, dengan melampirkan paspor, visa, lembar imigrasi dan lembar registrasi dari hotel sebelumnya. Jika tidak dapat menunjukan seluruh dokumen tersebut, pihak hotel akan menolak untuk tinggal di hotel tersebut.

3. WNA yang tinggal melibihi masa beriaku visa (overstay), harus mengurus visa keluar di kantor imigrasi dan harus membayar denda sekitar US$ 100. Proses ini dapat memakan waktu hingga 3-5 hari kerja.

4. Pemegang paspor dinas dan dipiomatik Indonesia dapat berkunjung ke Rusia untuk 14 hari tanpa visa, dan dapat diperpanjang hingga 90 hari melalui jalur diplomatik. Proses perpanjangan bebas visa hingga 90 hari dapat memakan waktu hingga 10 hari kerja, sehingga disarankan untuk mengajukan visa teriebih dahulu jika akan berada di Rusia selama lebih dari 14 hari.

5. Ketentuan pada butir 1,2,3 beriaku untuk seluruh jenis paspor asing.

6. Nomor hotline KBRl Moskow adalah +7-9857502410.

Rekomendasi