Patut Dicontoh! Fans Jepang Bersihkan Sampah Stadion

| 21 Jun 2018 11:32
Patut Dicontoh! <i>Fans</i> Jepang Bersihkan Sampah Stadion
Ilustrasi (Twitter @thesignalng)
Moskow, era.id - Setelah menyaksikan pertandingan sepak bola--khususnya Piala Dunia--para penonton biasanya langsung meninggalkan stadion dan membiarkan sampah bekas makanan dan minuman begitu saja. Tapi, tidak dengan para pendukung timnas Jepang.

Mereka justru melakukan perbuatan yang patut dicontoh oleh khalayak sepak bola di seluruh dunia dengan membersihkan tempat duduk serta lantai tribun dari sampah yang berserakan sebelum meninggalkan tribun penonton yang mereka tempati.

Dilengkapi kantong sampah besar yang mereka bawa, para pendukung Jepang berjalan melewati barisan tempat duduk sambil memunguti sampah, merapikan dan membersihkan kembali tempat tersebut seperti sedia kala.

Sejujurnya, para suporter Jepang punya alasan tepat untuk melakukan hal-hal liar pada Selasa (19/6/2018) malam itu. Tim kesayangan mereka berhasil mengalahkan Kolombia 1-0 di laga penyisihan Grup H sekaligus mencatatkan kemenangan pertama atas tim Amerika Selatan.

Tapi masyarakat Jepang tetap menunjukan kepada dunia bahwa mereka tidak pernah gagal dalam hal mempertahankan perilaku baik. Ya, aksi ini bukan yang pertama bagi mereka.

 

"Ini bukan hanya bagian dari budaya sepak bola tetapi bagian dari budaya Jepang," kata jurnalis sepak bola Jepang, Scott McIntyre, seperti dilansir dari Independent.

"Kamu sering mendengar orang mengatakan, sepak bola adalah cerminan budaya. Aspek penting masyarakat Jepang adalah memastikan semuanya benar-benar bersih dan itulah yang terjadi di semua acara olahraga dan tentunya juga di sepak bola."

Pemandangan ini selalu mengejutkan para turis yang menyaksikan pertandingan sepak bola di Jepang. Para pendukung Jepang memang tahu benar bagaimana cara merayakan sesuatu. Dan ini sudah menjadi kebiasaan mereka sejak kecil.

Terinspirasi para pendukung tim Jepang, fans Senegal juga melakukan hal sama. Setelah tim kesayangannya mengalahkan Polandia 2-1, stasiun televisi Argentina, TyC Sports memperlihatkan video para penggemar tim asal benua Afrika yang memunguti sampah dan mengumpulkannya dalam satu gundukan. Video ini dilihat lebih dari empat juta kali.

"Senegal mencatatkan kemenangan bersejarah," tulis saluran televisi tersebut. "Tapi, alih-alih berpesta setelah berakhirnya pertandingan, mereka membersihkan tempat mereka menyaksikan pertandingan. #Respect."

Kira-kira suporter sepak bola Indonesia bisa begini enggak ya?

Baca Juga : Mimpi Masa Kecil Osako Jadi Nyata

 

Rekomendasi