Instagram Luncurkan Platform IGTV

Tim Editor

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta, era.id - Instagram terus diminati seluruh masyarakat dunia. Hal ini terbukti dari jumlah pengguna aktif yang mencapai satu miliar.

Nah untuk memuaskan hasrat para penggunanya, pada awal bulan ini Instagram bakal memperpanjang durasi dari Insta 'Stories' hingga maksimal 1 jam. Menurut CEO Instagram Kevin Systrom, aplikasi ini didesain agar pengguna lebih mudah untuk menemukan dan menonton video melalui ponsel. 

"Ini adalah waktunya konten video lebih maju dan berevolusi," kata Systrom, seperti dikutip era.id dari TechCrunch, Kamis (21/6/2018). 

"IGTV adalah platform untuk menonton video panjang dari kreator-kreator kesukaan Anda," lanjutnya. 

IGTV memiliki mekanisme yang bisa dibilang serupa dengan applikasi TikTok. Di mana saat membuka aplikasi tersebut, pengguna akan langsung melihat video-video pilihan tanpa harus melakukan pencarian (searching).


Hanya saja, platform yang terpisah dari format video 'stories' tersebut tidak akan langsung hilang layaknya video Insta 'stories'. IGTV bisa dibilang sebagai kompetitor YouTube. 

Sebab penggunanya bisa melihat video-video pilihan berdasarkan algoritma, sehingga relevan dengan minat masing-masing pengguna. Pengguna Instagram tinggal menekan tombol ketika hendak beranjak ke IGTV, baik untuk membuat atau menonton video vertikal. 

Tombol IGTV di aplikasi Instagram juga berfungsi sebagai notifikasi. Pengguna bakal diberi tahu bila ada video baru dari kreator kesukaan mereka. 

Untuk sementara, IGTV masih bebas dari iklan. Aplikasi ini sudah bisa diunduh untuk sistem operasi iOS maupun Android, dan tersedia secara bertahap secara global mulai hari ini.

Bagaimana fellas? menarik kan. Selamat mencoba.

Tag: instagram era budaya instan

Bagikan: