Skenario Peluang Argentina di Piala Dunia 2018

| 23 Jun 2018 11:42
Skenario Peluang Argentina di Piala Dunia 2018
Formasi Argentina saat melawan Kroasia (Twitter @Argentina)
Jakarta, era.id - Argentina masih memiliki peluang untuk menempati posisi runner-up di Grup D Piala Dunia 2018 meski dalam dua laga sebelumnya hanya bermain imbang 1-1 dengan Islandia dan kalah 0-3 dari Kroasia di mana saat ini Tim Tango hanya memiliki poin satu.

Kemenangan 2-0 Nigeria atas Islandia, Jumat (22/6/2018) memberikan sebuah garis hidup dan jalan takdir bagi Argentina untuk melaju ke babak 16 besar. Skenarionya tidak sesulit jika Islandia yang menang atas Nigeria, dan berita ini seharusnya memberikan suntikan motivasi kepada Lionel Messi dkk,  yang sangat miskin kreativitas dan peluang dalam dua laga awal.

Saat ini, Kroasia memimpin klasemen Grup D dengan poin 6, disusul Nigeria (3), Islandia (1) dan Argentina (1). Keempat tim sama-sama sudah memainkan dua pertandingan. Begini skenario yang akan terjadi kepada Argentina dan tim lainnya di grup 'neraka' ini.

Kroasia

Kroasia akan menjadi juara Grup D dengan kemenangan atau hasil imbang atas Islandia di laga terakhir penyisihan grup, dan mereka juga akan tetap menjadi juara grup jika Nigeria gagal menang atas Argentina. Jika Nigeria menang dan Kroasia kalah, Kroasia bisa tergelincir ke posisi kedua dengan perbedaan selisih gol. Tapi dengan surplus lima gol saat ini, hal itu sepertinya tidak akan terjadi.

Nigeria

Nigeria akan memastikan satu tempat di babak knock-out dengan kemenangan atau hasil imbang atas Argentina. Mereka memiliki peluang untuk menjuarai grup jika menang dan Kroasia kalah, hanya saja mereka memiliki celah besar dalam hal selisih gol dengan Kroasia (lima gol). Nigeria juga bisa lolos ke babak 16 besar dengan hasil imbang atas Argentina jika Islandia mengalahkan Kroasia. Jika kedua tim ini bermain imbang, maka akan ditentukan dengan selisih gol. Kekalahan dari Argentina akan membuat Nigeria tersingkir, terlepas dari hasil pertandingan lain. 

Islandia

Islandia harus menang atas Kroasia untuk membuka peluang lolos ke babak 16 besar. Jika mereka menang dan Nigeria kalah dari Argentina, Islandia yang lolos. Jika Islandia menang dan Nigeria imbang dengan Argentina, Islandia harus unggul selisih gol, yang artinya wajib mengalahkan Kroasia dengan setidaknya dua gol. Jika harus ditentukan dengan selisih gol, maka Islandia harus punya gol lebih banyak dari Nigeria di mana saat ini mereka kalah satu gol.

Argentina

Argentina harus mengalahkan Nigeria. Mereka akan lolos ke babak 16 besar jika mereka menang dan Islandia kalah dari Kroasia. Mereka juga akan lolos dengan kemenangan meski Islandia menang, asalkan Messi dkk menang dengan banyak gol. Contohnya, jika Argentina menang 3-0 dan Islandia menang 2-1, poin mereka samasama empat tapi selisih gol Argentina menjadi nol, sementara Islandia minus satu. Jadi simpelnya: Argentina harus menang dan mencoba menang besar.

Demi mengejar banyak gol, Argentina harus menggunakan formasi menyerang. Tapi, tentu saja tidak melupakan lini pertahanan. Dilansir dari beberapa sumber, Tim Tango sepertinya akan menurunkan formasi 4-2-3-1 dengan menempatkan Franco Armani (kiper); Nicolas Tagliafico, Federico Fazio, Nicolas Otamendi, dan Gabriel Mercado (bek); Giovani Lo Celso dan Ever Banega (gelandang bertahan); Angel Di Maria, Paulo Dybala dan Lionel Messi (gelandang serang); Sergio Aguero (penyerang).

Kita tunggu, apa yang bisa dilakukan Argentina dengan formasi ini.

Baca Juga : Messi, Argentina Bukan Barcelona

 

Rekomendasi