Kemarin Aniaya Kekasih dan Bikin Anies Geram, Kini Zulpikar PPSU Ditangkap Polisi

| 10 Aug 2022 14:05
Kemarin Aniaya Kekasih dan Bikin Anies Geram, Kini Zulpikar PPSU Ditangkap Polisi
Ilustrasi petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) di Jakarta. (Antara)

ERA.id - Zulpikar, petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) yang menganiaya Eti, pacarnya sendiri, kini ditahan usai ditangkap dan ditetapkan menjadi tersangka.

"Sudah, sudah kita amankan. Sekarang ada di Polsek Mampang," ujar Kanit Reskrim Polsek Mampang Prapatan, AKP Budi Laksono, Rabu (10/8/2022).

Budi menambahkan, Eti tidak mau membuat laporan polisi (LP). Namun, sambungnya, penangkapan kepada Zulpikar tetap dilakukan. Hal ini karena polisi membuat LP tipe A.

Diketahui, laporan polisi tipe A adalah laporan yang dibuat internal kepolisian yang mengalami, mengetahui, atau menemukan langsung peristiwa yang terjadi. "Korban gak mau buat LP tapi dibuatkan LP Model A," terangnya.

Atas perbuatannya itu, Zulpikar telah dijerat dengan Pasal 352 KUHP tentang penganiayaan ringan. "Jadi itu bukan KDRT, dia pacaran. Kenakan Pasal 352. Barang bukti motor yang kita sita. Motor itu yang buat nabrak," jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan geram dengan aksi petugas PPSU pria yang menganiaya anggota PPSU wanita. Anies menegaskan, tidak boleh ada tindakan pelecehan seksual dan kekerasan di lingkungan pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

"Tidak ada ruang bagi kekerasan dan pelecehan di seluruh lingkungan kerja Pemprov DKI Jakarta, dan hukumannya adalah pemecatan seketika dan diserahkan kepada pihak berwajib," kata Anies dilihat di Instagram-nya @aniesbaswedan, Rabu (10/8/2022).

Anies menambahkan oknum petugas PPSU itu telah dipecat dan dilaporkan ke polisi, kemarin. Korban, sambungnya, akan dilindungi diberikan pendampingan kesehatan, psikologis serta hukum.  

Anies pun berterima kasih kepada netizen yang merekam aksi oknum PPSU tersebut. Dia lantas menyebut, aksi petugas PPSU yang viral itu adalah tindakan brutal.

"Terima kasih atas kepedulian dan video laporan netizen terkait tindakan brutal, barbar dan sama sekali tidak bisa ditolerir ini," kata Anies.

"Bila melihat tindak kekerasan usahakan langsung cegah sama-sama. Tapi bila khawatir keselamatan atau memperburuk akan keadaan, maka silakan foto/rekam dan laporkan pada yang berwenang atau hubungi Jakarta Siaga 112," imbuh Gubernur DKI Jakarta ini.

Sebelumnya, viral di media sosial video yang menunjukkan aksi petugas PPSU pria yang menganiaya anggota PPSU wanita. Selain dianiaya, petugas PPSU wanita ditabrak dengan sepeda motor.

Dari video yang beredar, kejadian ini disebutkan terjadi di kawasan Bangka, Mampang, Jakarta Selatan (Jaksel). Belum diketahui kapan kejadian ini terjadi.

Terlihat, anggota PPSU pria memarahi petugas PPSU wanita. Tak lama, petugas PPSU pria ini menendang dan menjambak rambut anggota PPSU wanita ini.

Petugas PPSU pria ini lalu menaiki sepeda motor di sebelahnya, menyalakan mesin, lalu menabrakkan motornya ke kekasihnya sendiri. Diduga, Zulpikar menganiaya Eti karena tersulut cemburu.

Rekomendasi