Polri Telah Periksa Brigjen Hendra Kurniawan soal Isu Jet Pribadi, Apa Hasil Pemeriksaannya?

| 09 Oct 2022 18:10
Polri Telah Periksa Brigjen Hendra Kurniawan soal Isu Jet Pribadi, Apa Hasil Pemeriksaannya?
Dua tersangka kasus "obstruction of justice" pembunuhan berencana Brigadir J, Hendra Kurniawan (tengah) dan Agus Nurpatria (kanan) ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.

ERA.id - Polri telah memeriksa Brigjen Hendra Kurniawan terkait penggunaan jet pribadi untuk menemui keluarga Brigadir Yosua Hutabarat (Brigadir J) di Jambi.

Dirtipikor Bareskrim Brigjen Cahyono Wibowo mengatakan Hendra diperiksa Jumat (07/10/2022) kemarin di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

"Brigjen HK sudah dilakukan klarifikasi atau permintaan keterangan dalam penyelidikan terkait dugaan tindak pidana korupsi dalam penggunaan privat jet. Pemeriksaan dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 7 Oktober 2022 bertempat di Mako Brimob pada pukul 08.00-14.00 WIB," kata Cahyono kepada wartawan, dikutip Minggu (09/10/2022).

Cahyono enggan mengungkapkan hasil pemeriksaan terhadap Hendra Kurniawan. Dia mengatakan Polri akan menyampaikan hasil pemeriksaan mantan Karopaminal Divpropam Polri ini Senin (10/10/2022) besok.

Sebelumnya, Markas Besar Polri melakukan pengusutan terkait isu jet pribadi yang digunakan oleh Brigjen Hendra Kurniawan saat melakukan takziyah ke rumah korban Brigadir J di Jambi.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan menggandeng penyidik dari Tipikor Polri untuk mengusut tuntas persoalan tersebut.

"Saat ini Propam sedang melakukan pemeriksaan bersama-sama Tipikor. jadi nanti akan kita telusuri apa dan dari mana asal uang untuk membayar private jet," kata Listyo saat konferensi pers di kantornya, Jumat (30/09/2022).

Lebih lanjut, ia menuturkan proses pengusutan sedang berjalan dan juga melakukan pemeriksaan beberapa saksi soal jet pribadi yang dipakai jenderal bintang satu tersebut.

"Pemeriksaan-pemeriksaan saat ini sedang kita lakukan terhadap penyelenggara, PT penyelenggara, dan PT yang melakukan penyelenggaraan. Nanti akan kita ungkap," tambahnya.

Rekomendasi