Soal Banjir Jakarta, Anies: Banyak Air yang Jatuh Bersamaan

| 10 Oct 2022 17:06
Soal Banjir Jakarta, Anies: Banyak Air yang Jatuh Bersamaan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan (Antara)

ERA.id -Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengatakan, bahwa Indonesia akan mengalami cuaca ekstrem untuk satu minggu kedepan. Jadi seluruh wilayah Indonesia dapat warning dari mulai Aceh sampai kawasan tengah Indonesia. 

"Kalau lihat prakiraan BMKG menunjukkan itu. Itu artinya kita semua harus bersiaga bahwa potensi tanah longsor di Indonesia potensi limpahan air hujan yg ekstrem itu termasuk kami juga di Jakarta," kata Anies di Jakarta, Senin (10/10/2022).  

Untuk itu, kata dia, Jakarta mengantisipasi bahwa semua alat-alat yang bisa digunakan untuk pemompaan disiagakan dan dipastikan berfungsi. Kemudian, pompa mobile, truk pemadam kebakaran dan tangki-tangki air pertamanan, semua disiagakan karena kita mengalami kondisi yang cukup ekstrem. 

"Sebagai contoh pekan lalu kita mengalami hujan ada yang 140 MM (milimiter) sampai 180 MM. Yang biasanya dihitung harian 140 MM-180 MM itu sangat lebat. Bahkan 180 MM itu bisa dibilang ekstrem. Itu pekan kemarin jatuhnya ekstrem. Betapa banyaknya air yang jatuh pada saat yang bersamaan," katanya.

Tentunya, kata Anies, pasti akan menimbulkan genangan karena drainase yang telah dibangun pada saat yang bersamaan mampu menampung 50 MM per hari untuk di kawasan perumahan dan perkampungan. 

"Kalau di kawasan protokol itu sampai 100 MM per hari. Kalau hujannya di atas 100 MM tentu akan menimbulkan genangan. Apalagi kalau di atas 100 MM dalam waktu 2 jam dan 3 jam," katanya.

Maka dari itu, Anies mengajak kepada seluruh masyarakat agar waspada, memantau kondisi lalu lintas. Serta, dianjurkan untuk gunakan kendaraan umum supaya bisa leluasa. 

"Tanggung jawab kita adalah merespon dengan cepat mengerngkan dengan cepat sehingga fasilitas-fasilitas umum dapat digunakan lagi jadi itu antisipasi kita," tambah mantan Mendikbud. 

Rekomendasi