Sebut TGUPP Bentukan Anies Bagus, Pj Gubernur DKI Jakarta Lebih Pilih Maksimalkan Peran Dinas Pemprov

| 17 Oct 2022 14:41
Sebut TGUPP Bentukan Anies Bagus, Pj Gubernur DKI Jakarta Lebih Pilih Maksimalkan Peran Dinas Pemprov
Heru Budi Hartono (Gabriella Thesa/ ERA)

ERA.id - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menilai, Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) yang dibentuk Anies Baswedan sangat bagus. Namun, dia memberi sinyal tak akan melanjutkan peninggalan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

"TGUPP semua bagus," kata Heru di Balai Kota Pemprov DKI, Jakarta Pusat, Senin (17/10/2022).

Meski begitu, Heru memilih untuk memaksimalkan dinas-dinas yang ada. Nantinya, bisa diperkuat dengan tenaga ahli untuk menjalankan tugas.

"Tetapi saya ingin memaksimalkan dinas-dinas yang ada. Mungkin diperkuat ada asisten, tenaga ahli, asisten ahli," kata Heru.

TGUPP adalah tim yang dibentuk Gubernur DKI Jakarta untuk membantu program pembangunan di Ibu Kota. TGUPP juga dikenal sebagai pembisik Gubernur dalam memutuskan suatu kebijakan pemerintah daerah.

TGUPP sudah ada sejak era Joko Widodo, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, dan Anies Baswedan menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Selama kepemimpinan Jokowi, TGUPP diisi oleh ASN Pemprov DKI.

Kemudian, Ahok merekrut sebagian TGUPP dari pegawai non-ASN. Begitu juga dengan Anies. Namun bedanya, Ahok membayar gaji TGUPP dari tunjangan operasional Gubernur DKI. Sementara, gaji TGUPP yang jumlahnya juga melonjak saat era Anies diambil dari APBD DKI Jakarta.

Jelang masa jabatan Anies lengser beberapa waktu lalu, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menegaskan bahwa semua anggota TGUPP DKI tidak boleh bekerja lagi di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

Rekomendasi