Konser Dewa 19 di JIS Diundur, Polisi: Izinnya Belum Keluar

| 03 Nov 2022 06:31
Konser Dewa 19 di JIS Diundur, Polisi: Izinnya Belum Keluar
Konser Dewa 19 (Antara)

ERA.id - Polda Metro Jaya menjelaskan konser musik grup band Dewa 19 di Jakarta International Stadium (JIS), ditunda karena polisi belum memberikan izin penyelenggaraan acara.

"Jadi konser itu memang ditunda pelaksanaannya karena memang, pertama, belum keluar rekomendasi izin dari kepolisian. Rekomendasi izin penyelenggaraan acara," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan kepada wartawan, Rabu (2/11/2022).

Zulpan menambahkan, panitia acara sudah menjual tiket penonton ketika polisi belum mengeluarkan izin.

"Jadi izin belum keluar tiket sudah keluar. Sementara di acara yang mereka persiapkan itu jumlah penonton yang diperkirakan hadir itu 70 ribu dan juga tiket yang sudah terjual itu 60 ribu," ucapnya. 

Dijelaskannya, pemunduran konser Dewa 19 itu pun telah disepakati panitia dan manajemen Dewa 19. Sehingga, polisi belum mengeluarkan izin karena perlu pembahasan lebih lanjut soal faktor keselamatan para penonton konser.

Polisi tidak mau ada kejadian yang tidak diinginkan seperti munculnya korban bila konser musik ini digelar terburu-buru atau tanpa persiapan matang.

"Itu untuk mempersiapkan pengamanan yang lebih baik karena dengan waktu yang mepet ini kita tidak ingin nanti tidak optimalnya persiapan keamanan dan keselamatan bagi penonton dikhawatirkan nanti akan ada korban karena jumlahnya (penonton) cukup banyak sehingga minta dimundurkan," kata Zulpan. 

Sebelumnya, konser Pesta Rakyat Dewa 19 di JIS pada 12 November 2022 resmi ditunda menjadi 4 Februari 2023.

"Sebagai pihak penyelenggara, kami dari JAK Pro dan Restography memutuskan untuk menunda konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19," kata Direktur Utama Jak Pro, Widi Amanasto pada keterangan resmi.

"Secara internal kami telah sepakat bahwa acara akan kami tunda ke tahun depan pada Sabtu, 4 Februari 2023 di lokasi yang sama di Jakarta International Stadium," tambahnya.

Perwakilan Dewa 19, Ahmad Dhani merespons positif penundaan konser mereka demi keamanan.

"Penundaan acara ini menjadi hal yang positif bagi kami agar dapat mempersiapkan konsernya nanti jauh lebih matang dan sempurna demi kenyamanan dan keselamatan yang melibatkan ribuan penonton," kata Ahmad Dhani.

Ahmad Dhani juga  menuturkan penundaan ini agar panitia memiliki rencana matang mengatur sekitar 70.000 penggemar Dewa 19 yang akan datang ke konser, yang nanti harus disampaikan ke pihak Polres dan Polda Metro. Sebelumnya, konser Dewa 19 ini sudah berhasil menjual 63.000 tiket dalam waktu 15 menit.

"Saya yakin ini hanya miskomunikasi saja, tidak ada hal berbau politik. Saya yakin panitia bisa menghandle 70.000 Baladewa Baladwi dengan baik. Dan saya yakin Polda Metro dan jajarannya juga sangat profesional soal urusan menjaga keamanan," lanjutnya. 

Rekomendasi