ART Susi Mengaku Dilarang Bripka RR ke Rumah Dinas Ferdy Sambo Usai Brigadir J Tewas

| 09 Nov 2022 19:07
ART Susi Mengaku Dilarang Bripka RR ke Rumah Dinas Ferdy Sambo Usai Brigadir J Tewas
ART Susi (tangkap layar)

ERA.id - Asisten rumah tangga (ART) Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi, Susi mengaku dilarang Bripka Ricky Rizal (Bripka RR) untuk datang ke rumah dinas atasannya di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan (Jaksel), atau setelah Brigadir  tewas dibunuh.

Penjelasan Susi itu disampaikan ketika menjadi saksi di persidangan terdakwa pembunuhan berencana Brigadir J, Kuat Ma'ruf dan Bripka RR, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Rabu (09/11/2022).

Awalnya, Susi menceritakan, dirinya bersama rombongan dari Magelang, Jawa Tengah pulang ke Jakarta ke rumah pribadi Ferdy Sambo, di kawasan Saguling, Jaksel. Beitu sampai di lokasi, karena kecapean ia langsung istirahat. 

"Karena saya langsung ke kamar untuk beres beres barang-barang saya, terus saya mandi, terus masuk kamar, istirahat terus ketiduran," kata Susi saat ditanya hakim.

Lalu, Daden Miftahul Haq membangunkan Susi yang sedang tidur di kamarnya dan menyuruh ke rumah dinas Ferdy Sambo untuk melakukan isolasi mandiri (isoman). 

"'Bi Susi, Bi Susi mana?' gitu dengan suara kencang. Terus saya bilang 'apa Om saya di kamar'. Terus 'Bi disuruh nyusul Ibu ke 46'. Terus saya bilang 'ngapain?', (dijawab) 'isoman'. Terus 'ya sudah aku beres-beres dulu. Terus saya sama siapa om?'. 'Sama  Om Damson (security Sambo, Damianus Laba Kobam) sekalian nasi box mohon dibawa ya Bi', iya saya bilang,” jawab Susi menirukan percakapannya dengan Daden.

Susi pun langsung menjalankan perintahnya itu. Ketika hendak bergegas menuju rumah Ferdy Sambo bersama dengan Damson, Susi melihat Putri Candrawathi dan Bripka RR tiba di rumah Saguling. 

Susi lalu mendekati Putri Candrawathi dan berniat membawakan barang bawaan majikannya ini. Namun, Putri tak mengizinkan hal tersebut.

"Terus saya ikuti Ibu dari belakang, sambil 'Bu maaf tasnya mau dibawain nggak?', terus Ibu (bilang) 'jangan Bi Susi ke kamar aja'," kata Susi. 

Kemudian, Bripka RR pun menyampaikan pesan kepada Susi agar tidak pergi ke rumah dinas Polri. 

"Terus saya nggak jadi nyusul karena Om Ricky bilang 'Bi sudah nggak usah nyusul, Ibu sudah pulang'. ujar dia.

Hakim pun menegaskan pernyataan Susi.

"Jadi saudara Ricky yang menyampaikan kepada saudara tidak usah ikut ke Duren Tiga?," tanya hakim. 

"Siap, karena Ibu udah balik," ucap Susi.

Rekomendasi