Ribuan Pengunjung Padati TMII Usai Dibuka Kembali

| 20 Nov 2022 13:30
Ribuan Pengunjung Padati TMII Usai Dibuka Kembali
Mobil pengunjung tengah antre untuk masuk TMII (Ilham/Era)

ERA.id - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur, menggelar hari pertama uji coba pembukaan bagi masyarakat umum usai direvitalisasi, Minggu (20/11/2022).

Terpantau, ada ribuan pengunjung datang ke TMII. Antrean di sejumlah pintu masuk pun mengular hingga ke jalanan.

Pembelian tiket untuk masuk ke tempat wisata ini hanya dibuka melalui online. Sebelum memasuki TMII, pengunjung diminta memperlihatkan yang telah dibelinya secara online.

Kebanyakan pengunjung yang ke TMII datang bersama keluarganya. Banyak dari mereka melakukan swafoto ketika mengunjungi TMII.

Ada juga pengunjung yang menggelar tikar lalu duduk-duduk sambil memakan bekal bersama keluarganya. Masyarakat yang datang pun ada yang menonton pertunjukan seni.

Area sekitar TMII bersih dan hijau, juga tak terlihat ada pengunjung yang membuang sampah sembarangan.

Salah satu pengunjung, Andi mengaku datang bersama keluarganya dari Tangerang ke Taman Mini. Andi mengatakan revitalisasi TMII sudah sangat bagus.

Namun, dia ingin agar pintu masuk TMII diperbanyak. Sebab, menurutnya, antrean di pintu masuk sangat padat.

Untuk fasilitas sudah bagus, cuma memang kepadatan di pintu masuk kayaknya perlu dipertimbangkan lagi," ucap Andi.

Pengunjung lainnya, Agus mengaku bisa menghabiskan akhir pekan bersama keluarganya di TMII. Dia mengaku senang karena tempat wisata ini telah dibuka kembali usai direvitalisasi.

Secara keseluruhan, Agus menilai Taman Mini menjadi lebih baik dari sebelumnya. Namun, dia ingin agar jumlah mobil listrik untuk mengelilingi TMII diperbanyak.

Karena jumlah kendaraan yang disediakan terbatas, sambungnya, masyarakat yang ingin berkeliling TMII harus mengantre terlebih dahulu.

"Ini harus evaluasi lagi supaya masyarakat di sini bisa menikmati wahana-wahana yang ada di sini," kata Agus.

Rekomendasi