Kapolri: 44 Juta Orang Diprediksi Mudik, 166 Ribu Personel Akan Dikerahkan untuk Pengamanan Libur Nataru

| 16 Dec 2022 13:45
Kapolri: 44 Juta Orang Diprediksi Mudik, 166 Ribu Personel Akan Dikerahkan untuk Pengamanan Libur Nataru
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Antara)

ERA.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan arus lalu lintas bakal meningkat selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023. Mengacu data Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Listyo menerangkan bakal ada sekitar 44 juta warga yang akan melakukan perjalanan di libur Nataru 2022.

"Berdasarkan data dari Kemenhub akan ada peningkatan 44 juta yang akan melaksanakan mobilitas juga," kata Listyo kepada wartawan usai Polri menggelar rapat koordinasi dengan Kementerian/Lembaga terkait di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (16/12/2022).

Listyo menerangkan sarana dan prasarana perlu disiapkan agar masyarakat yang melakukan perjalanan menjadi aman dan nyaman. Jenderal bintang empat ini mengatakan Polri akan menyiapkan sekitar 166 ribu personel untuk pengamanan libur Nataru 2022. Korps Bhayangkara, sambungnya, akan menggelar Operasi Lilin untuk pengamanan tersebut.

"Saya kira secara menyeluruh 166 ribu orang yang nanti akan diturunkan untuk melaksanakan kegiatan pengamanan di kepolisian, disebut dengan Operasi Lilin akan mulai berjalan kurang lebih 11 hari mulai kita laksanakan gelar di tanggal 22 atau 23 (Desember) sampai tanggal 3 (Januari 2023)," ucap Listyo.

Lebih lanjut, dia mengatakan rekayasa arus lalu lintas saat libur Nataru 2022 seperti ganjil genap, one way, contra flow, dan lainnya, berlaku situasional.

Rekomendasi