Jalur Puncak Bogor 'Car Free Night' Malam Ini, Akan Ditutup Total Mulai Pukul 6 Sore

| 31 Dec 2022 17:45
Jalur Puncak Bogor 'Car Free Night' Malam Ini, Akan Ditutup Total Mulai Pukul 6 Sore
Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Bogor, AKP Dicky Anggi Pranata di Pos Pelayanan Terpadu Gadog, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ANTARA/M Fikri Setiawan)

ERA.id - Kepolisian Resor Bogor mengingatkan masyarakat mengenai rencana pemberlakuan Car Free Night dengan menutup total Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mulai Sabtu sore pukul 18.00 WIB hingga Minggu, 1 Januari 2023 pukul 06.00 WIB.

"Untuk mobil saja. Karena kita dari pintu tol, sampai dengan Jalur Puncak tidak bisa naik jam 18.00 WIB," kata Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Bogor, AKP Dicky Anggi Pranata di Pos Pelayanan Terpadu Gadog, Ciawi, Bogor dikutip dari Antara, Sabtu (31/12/2022).

Ia mengimbau kepada masyarakat yang akan beraktivitas di wilayah Puncak pada malam tahun baru agar melintas sebelum jalurnya ditutup. Penutupan dilakukan di pintu keluar Tol Gadog, Simpang Gadog, dan Puncak Pas.

Bagi masyarakat yang ingin menuju ke Cianjur atau Bandung, kata Dicky, bisa melintas jalur alternatif Puncak, yaitu dengan rute Cibubur-Jonggol-Cariu-Cianjur.

Pantauan di Jalur Puncak Bogor, arah menuju Puncak dan arah sebaliknya relatif ramai lancar. Sejak pagi hingga siang hari cuaca Kawasan Puncak diguyur hujan rintik-rintik.

Adapun sedikit antrean kendaraan terjadi di dua titik Jalur Puncak, yaitu di Pasar Cisarua tepatnya antrean kendaraan dari arah Puncak menuju Jakarta, dan di Masjid Atta-Awun antrean kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak.

Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin di Pos Pelayanan Terpadu Gadog, menduga penurunan volume kendaraan di Jalur Puncak ini karena mereka yang ingin merayakan Tahun Baru di Puncak, sudah tiba di lokasi sejak Jumat.

Pasalnya, terjadi peningkatan sekitar 20 persen volume kendaraan yang mengarah ke Puncak pada Jumat, jika dibandingkan dengan hari biasa.

Menurutnya, kepadatan kendaraan yang terjadi pada Jumat siang itu karena masyarakat yang ingin merayakan Tahun Baru di Puncak lebih awal tiba, sebelum jalurnya ditutup total atau Car Free Night (CFN) pada malam Tahun Baru.

"Karena kami sudah informasikan dari awal untuk tanggal 31 Desember kami akan berlakukan pembatasan, sebagaimana meningkatnya kegiatan masyarakat di jalur puncak dengan adanya car free night untuk malam tahun baru," kata AKBP Iman.

Pihaknya juga akan memberlakukan rekayasa lalu lintas berupa sistem ganjil genap kendaraan sejak Jumat pukul 15.00 WIB hingga Minggu, 1 Januari 2023 pukul 24.00 WIB.

AKBP Iman menyebutkan bahwa sebanyak 2.500 personel gabungan yang dilibatkan untuk pengamanan selama perayaan Natal dan Tahun Baru di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Operasi Lilin 2022 dilakukan dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru mulai dari 22 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023," kata Iman.

Ia menyebutkan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) sepakat akan menempatkan 2.500 personel tersebut di 15 posko pengamanan yang lokasinya di pusat-pusat keramaian.

Iman memaparkan, posko utama Operasi Lilin lodaya yaitu di Mako Polres Bogor, kemudian sisanya yaitu di Simpang Gadog, Ciawi, Megamendung, Cisarua, Rindu Alam, Cijeruk, Babakanmadang, Sukaraja, Cibinong, Citereup, Gunungputri, Cileungsi, Jonggol, Ciampea, Parung serta Parungpanjang.(KR-MFS)

Rekomendasi