Polisi: Kabar Ada Penembakan Gas Air Mata di Stadion GBK Jelang Indonesia vs Vietnam Hoaks

| 06 Jan 2023 16:51
Polisi: Kabar Ada Penembakan Gas Air Mata di Stadion GBK Jelang Indonesia vs Vietnam Hoaks
Tangkapan layar video viral

ERA.id - Beredar kabar ada penembakan gas air mata di sekitar stadion Glora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, tepatnya di sekitar Gate 5 Stadion GBK dekat FX Sudirman, jelang pertandingan Indonesia vs Vietnam pada laga Piala AFF 2022. Polisi membantah hal tersebut.

"Bukan (gas air mata), itu flare," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan kepada wartawan, Jumat (6/1/2023).

"Iya (hoaks), kita sudah cek di sana," tambahnya.

Zulpan menambahkan flare itu diduga dinyalakan oleh suporter. Dia menyebut pemakaian flare tidak diperbolehkan.

Terkait apakah polisi akan mencari orang yang menyalakan flare itu, tak Zulpan rinci. Dia hanya mengatakan polisi saat ini sedang melakukan langkah persuasif dan menyebut, situasi saat ini aman terkendali.

"Kita imbau itu nggak boleh (pemakaian flare), itu kan mengganggu juga ya. Kan kita imbau juga agar penonton jaga suportifitas kita jadi tuan rumah yang baik. Apalagi itu (flare) kan di area jalan raya mengganggu arus lalu lintas," ujar Zulpan.

Sebelumnya, polisi bakal menerapkan pengamanan dan pengawalan ketat bagi tim nasional Vietnam yang akan bertanding melawan Indonesia pada piala AFF 2022 di Stadion GBK, pada Jumat sore ini.

Pengawalan ini dilakukan agar aksi pelemparan yang dilakukan suporter Indonesia tidak terulang lagi.

"Kendaraan pemain Vietnam agar tidak terulang kejadian seperti kemarin Thailand yang sempat kacanya dilempar, itu nanti kita akan melakukan pengawalan," kata Kombes Endra Zulpan kepada wartawan, dikutip Jumat.

Zulpan menerangkan sebanyak sebanyak 3.624 personel dikerahkan untuk mengamankan pertandingan Indonesia vs Vietnam pada hari ini. Dari jumlah itu, sebanyak 200 personel berpakaian preman akan disiagakan di sekitar stadion GBK untuk mengantisipasi kericuhan yang mungkin terjadi ketika laga berlangsung.

"Setiap sektor itu kan termonitor CCTV. Kita lihat kalau ada penonton yang mabuk, kemudian yang berantem, anggota yang tidak berseragam yang preman itu yang nanti mengamankan agar tidak terjadi keributan," ujarnya.

Sebuah video beredar melalui pesan berantai berdurasi 22 detik. Narasinya aparat menembakkan gas air mata di sekitar kawasan Gelora Bung Karno terhadap suporter Indonesia jelang laga Indonesia versus Vietnam pada piala AFF 2022.

Di awal video tersebut, perekam mengarahkan kameranya pada asap gas air mata yang ditembakkan di tengah jalan raya. Sementara itu, sejumla orang terlihat menghindari asap dari gas air mata tersebut. Ada yang menutup hidungnya dan berjalan lebih cepat.

"Gas air mata, gas air mata," ujar perekam video tersebut dikutip Jumat (6/1/2023).

Lebih lanjut, terlihat juga sejumlah aparat dengan pakaian hitam-hitam yang menggunakan motor sempet berhenti di sekitar kepulan gas air mata. Lalu tak lama kemudian mereka terlihat pergi dengan motornya. Tak terlihat secara pasti apakah aparat tersebut menembakkan gas air mata atau tidak.

Rekomendasi