Sopir Mobil Fortuner Perusak Mobil Brio Buronan Ukraina, Benarkah?

| 14 Feb 2023 15:50
Sopir Mobil Fortuner Perusak Mobil Brio Buronan Ukraina, Benarkah?
Sopir Mobil Fortuner (Antara)

ERA.id - Sopir mobil Fortuner bernama Giorgio Ramadhan (24) telah resmi ditahan dan menjadi tersangka terkait kasus perusakan mobil Brio.

Giorgio Ramadhan ini pun ramai diperbincangkan netizen lantaran disebut-sebut sebagai buronan dari Pemerintah Ukraina, Benarkah?

Dikutip dari situs myrotvorets.center, nama dan wajah Giorgio Ramadhan itu terpampang dan disebut sebagai musuh Ukraina, serta orang yang pro terhadap kebijakan Rusia melakukan invasi.

Myrotvorets.center merupakan situs yang memuat daftar orang-orang dan informasi pribadi yang dianggap sebagai musuh Ukraina.

Tangkapan layar

Situs itu dibuat oleh salah satu politisi Ukraina bernama Georgy Tuka. Organisasi HAM pun mengkritik keberadaan situs milik politisi Ukraina itu.

Dalam situs tersebut, Giorgio Ramadhani disebut berpartisipasi dalam acara propaganda anti-Ukraina di wilayah Donbass yang saat itu merupakan wilayah Ukraina.

Kini Donbass telah menyatakan referendum dan bergabung dengan Rusia.

"Saya mahasiswa hukum, mahasiswa pertukaran di Belanda. Saya datang ke Luhansk untuk ikut serta dalam konferensi anti-fasis dan mengungkapkan solidaritas saya dengan masyarakat Donbass," jelas pernyataan Giorgio Ramadhani yang dikutip situs itu.

Organisasi itu pun meminta lembaga penegak hukum mempertimbangkan untuk melakukan tindakan terhadap Giorgio.

Rekomendasi