Polri Pastikan Kapolda Jambi dan Rombongan Aman dari Serangan Hewan Buas di Bukit Tamia

| 20 Feb 2023 18:30
Polri Pastikan Kapolda Jambi dan Rombongan Aman dari Serangan Hewan Buas di Bukit Tamia
Penanganan medis untuk kru dan penumpang helikopter berpenumpang Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono dan rombongan, di Bukit Tamiai, Muara Emat, Kabupaten Kerinci, Senin (20/2/2023) (FOTO ANTARA/HO-IST)

ERA.id - Sebanyak 20 petugas diterjunkan untuk mengobati dan menjaga Kapolda Jambi, Irjen Rusdi Hartono dan rombongannya di Bukit Tamia, Muara Emat, Kabupaten Kerinci. Polri pun memastikan Rusdi dan yang lainnya aman dari serangan hewan buas.

"Hewan buas kita antisipasi, anggota brimob di sana memiliki peralatan untuk melindungi korban yang saat ini menjadi fokus evakuasi," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Senin (20/2/2023).

Dedi menerangkan fokus utama saat ini adalah menyelamatkan Irjen Rusdi, sebab jenderal bintang dua ini mengalami luka serius di tangan kanannya.

"Tapi yang utama keselamatan Pak Kapolda yang alami luka, kondisi yang lebih berat ketimbang yang lainnya. Insya Allah dengan tim medis yang turun dua orang itu bisa mengatasi pertolongan pertama di TKP," ucapnya.

Proses evakuasi terhadap Kapolda Jambi belum tentu dilakukan pada hari ini. Rusdi belum dievakuasi karena cuaca di sekitar perbukitan Tamia pada hari ini sedang berkabut dan petir. Evakuasi dengan jalur darat tidak mungkin dilakukan karena membutuhkan waktu yang lama.

"Apabila jam 20.00 WIB malam hari ini cuaca tidak memungkinkan maka proses evakuasi akan dilakukan besok pagi," ujar Dedi.

Sebelumnya, Polri menyebut Irjen Rusdi Hartono mengalami patah tulang usai helikopter yang ditumpanginya mendarat darurat di Bukit Tamia, Muara Emat, Kabupaten Kerinci, Minggu (19/2) kemarin

"Ya tangan beliau mengalami luka," kata Irjen Dedi Prasetyo, saat dihubungi hari ini.

Namun, jenderal bintang dua ini belum merinci mengenai kondisi anak buah Kapolda Jambi yang juga jadi korban dari peristiwa ini. Dia hanya menyebut Polri sudah memberikan bantuan logistik ke Kapolda Jambi dan rombongannya pagi tadi.

"Ya sudah (diberikan bantuan logistik), kondisi beliau (Irjen Rusdi) stabil. Jam 04.00 WIB pagi tadi Kapolres Kerinci dan 9 personel brimob sudah di lokasi," ucapnya.

Rekomendasi