Profil Irjen Rusdi Hartono dan Fakta Seputar Pendaratan Darurat di Bukit Tamia

| 20 Feb 2023 17:05
Profil Irjen Rusdi Hartono dan Fakta Seputar Pendaratan Darurat di Bukit Tamia
Profil irjen rusdi hartono (antara)

ERA.id - Profil Irjen Rusdi Hartono menjadi perbincangan menarik setelah helikopter Super Bell 3001 yang ditumpanginya mendarat darurat di  Bukit Tamia, Muara Emat, Kabupaten Kerinci pada Minggu 19 Februari 2023 kemarin.

Diketahui, evakuasi terhadap Irjen Rusdi dan anak buahnya dilakukan dengan melihat kondisi di lapangan, yakni dengan helikopter atau jalur darat. Lantas bagaimana kondisi terkini para penumpang?

Fakta dan Profil Irjen Rusdi Hartono

  1. Biodata

Rusdi Hartono adalah pria kelahiran 27 April 1969 yang merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol)1991. Rusdi adalah alumni SMA Negeri 39 Jakarta tahun 1988, dan satu angkatan dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Akpol.

  1. Berasal dari Keluarga Sederhana

Perlu diketahui, meskipun menjabat perwira tinggi, Rusdi lahir dari keluarga sederhana. Ayah Rusdi adalah polisi yang bertugas di bagian administrasi surat menyurat. Bahkan ketika ayahnya pensiun, ibunya berjualan nasi uduk.

Rusdi dalam sebuah kesempatan menjelaskan saat dirinya SMP ayahnya pensiun dan untuk menambah kebutuhan keluarga, ibunya membuka warung kecil dan jualan nasi uduk.

  1. Perjalanan Karir

Berikut ini riwayat jabatan dan karir Irjen Rusdi Hartono selama di dunia kepolisian:

●        Kapolres Garut

●        Kapolres Cimahi (2009)

●        Wadirlantas Polda Riau (2010)

●        Dirlantas Polda Kepri (2011)

●        Dirlantas Polda Jabar (2013)

●        Analis Kebijakan Madya Bidang Regident Korlantas Polri (2014)

●        Kapolrestabes Makassar Polda Sulsel (2015)

●        Kabagkuhjardikbangspes Rokulum Lemdikpol Polri (2016)

●        Kabaganev Robinops Sops Polri

●        Karobinops Sops Polri (2020)

●        Karopenmas Divhumas Polri (2020)

●        Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri (2021)

●        Kapolda Jambi (2022)

  1. Menjabat Kapolda Jambi dan Ditunjuk Menjadi Kapolda Sumbar

Diketahui, Irjen Rusdi Hartono menjabat Kapolda Jambi baru-baru saja, yaitu pada 18 Oktober 2022. Padahal sebelumnya, Rusdi telah ditunjuk untuk menjabat sebagai Kapolda Sumbar menggantikan Irjen Teddy Minahasa.

  1. Fokus pada Lantas

Rusdi yang merupakan lulusan Akpol 1991 ini diketahui memiliki pengalaman di bidang lantas. Perlu diketahui, jabatan terakhir Rusdi adalah Widyaiswara Kepolisian Utama Tk. I Sespim Lemdiklat Polri.

  1. Pendaratan Darurat

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan helikopter rombongan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono mendarat darurat karena cuaca buruk.

"Investigasi nanti akan tetap kita laksanakan namun informasi awal yang kita dapatkan bahwa helikopter terpaksa melakukan pendaratan darurat karena mengalami gangguan terkait cuaca buruk dan jarak pandang serta kabut," jelas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada wartawan, 20 Februari 2023.

  1. Berhasil Dievakuasi

    Evakuasi Kapolda Jambi (Twitter)

Menurut Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo sebanyak enam helikopter diterjunkan dalam proses evakuasi Kapolda Jambi, Irjen Rusdi Hartono dan rombongannya di Bukit Tamia, Muara Emat, Kabupaten Kerinci.

"Tim udara ada menggunakan kemarin tuh baru 3 helikopter tapi hari ini kita sudah menggunakan ada 6 helikopter," kata Dedi kepada wartawan, Senin (20/2/2023).

Dedi menyebut petugas gabungan sudah menemukan dan memberikan bantuan logistik ke Rusdi serta rombongannya. Bantuan itu berupa makanan, minuman, selimut, dan power bank.

  1. Patah Tulang

    Tim SAR gabungan yang berada di Kerinci untuk mengevakuasi kecelakaan helikopter yang ditumpangi kapolda Jambi (antara)

Mabes Polri mengatakan, Kapolda Jambi, Irjen Rusdi Hartono mengalami patah tulang setelah helikopter yang ditumpanginya mendarat darurat di Bukit Tamia, Muara Emat, Kabupaten Kerinci, Minggu kemarin (19/2).

"Ya tangan beliau mengalami luka," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, saat dihubungi, Senin (20/2/2023).

Selain profil Irjen Rusdi Hartono, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi