55 Siswa SMP Marsudirini Bogor Keracunan Makanan

| 20 Feb 2023 21:44
55 Siswa SMP Marsudirini Bogor Keracunan Makanan
Siswa SMP Marsudirini yang tengah menjalani perawatan usai keracunan (Diman Sutini/Era)

ERA.id - Sebanyak 55 siswa SMP Marsudirini, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, dilarikan ke Rumah Sakit Sentosa usai mengalami keracunan makanan.

"Pihak sekolah mengantarkan siswa dan siswi menggunakan bus ke IGD RS Sentosa pada pukul 08.30 WIB. Kami pun segera menyiapkan ruangan khusus untuk menangani dan memberikan pelayanan kesehatan dengan tim medis dan paramedis dengan baik di aula RS agar mempermudah koordinasi dan penanganan," ujar Komisaris Utama RS Sentosa, Kol (purn) Frits dalam keterangan tertulisnya, Senin (20/2/23).

Pihaknya menduga puluhan siswa kelas 7 dan 8 yang keracunan tersebut terjadi setelah menyantap makanan di Asrama Marsudirini.

Dari hasil pemeriksaan 55 siswa tersebut, lanjutnya, terdapat siswa dengan gejala ringan sebanyak 20 orang, gejala sedang 33 orang dan gejala berat 2 orang.

"Untuk siswa dengan gejala ringan dilakukan pemeriksaan kesehatan dengan pemberian obat, sedangkan siswa gejala sedang dilakukan pemeriksaan kesehatan dengan pemberian infus dan obat, serta siswa gejala berat dilakukan pemeriksaan kesehatan dengan pemberian infus dan rencana rawat inap," jelasnya.

Kendati demikian, Frits mengaku bahwa kondisi para pasien sudah mulai kondusif sejak pukul 11.30 WIB.

Namun, dua pasien di antaranya masih menjalani perawatan karena kondisinya masih belum stabil.

"Tim identifikasi Lab RS Sentosa telah meminta sample makanan yang dikonsumsi dan memeriksakan sample tersebut ke Labkesda untuk investigasi selanjutnya," tandasnya.

Rekomendasi