Ecky Mutilasi Angela Selama Seminggu, Lalu Simpan Mayat Korban Selama 3 Tahun

| 01 Mar 2023 18:44
Ecky Mutilasi Angela Selama Seminggu, Lalu Simpan Mayat Korban Selama 3 Tahun
Pelaku mutilas di Bekasii Ecky Listiyanto (34) (Dok Polda Metro Jaya)

ERA.id - Tersangka M Ecky Listiantho (34) memutilasi Angela Hindriati (54) menjadi tujuh bagian dalam waktu tujuh hari.

Fakta ini terungkap dari rekonstruksi yang dilakukan penyidik di Gedung Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Rabu (1/3/2023).

Awalnya, Ecky membunuh korban dengan mencekiknya usai cekcok karena Angela kecewa tak juga dinikahkan, pada 25 Juni 2019. Setelah itu, tersangka membeli kopi untuk menutupi bau dari mayat Angela.

Ecky mengambil barang-barang milik korban secara bertahap dan mayat Angela pun ditinggalkan di apartemen. Pada akhir Juli 2019, tersangka kembali ke apartemen dan melihat jasad korban sudah membusuk.

"Sehingga tersangka membersihkannya dengan kain pel dan baju korban," kata penyidik membacakan reka adegan, saat rekonstruksi di Gedung Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Rabu (1/3/2023).

Ecky kemudian mengambil dua boks kontainer yang ada di gudang apartemen dan berniat memutilasi Angela. Esok harinya, dia membeli gergaji dan kape di toko material.

"Dengan menggunakan gergaji, tersangka memotong pergelangan kaki kiri dan kanan korban. Selanjutnya dimasukkan ke dalam kontainer lalu ditimbun dengan tanah yang tersangka ambil dari pot bunga di balkon apartemen," ucap penyidik.

Pada awal Agustus 2019 atau dua hari kemudian, Ecky kembali ke apartemen dan kembali memutilasi korban. Tersangka ini memotong paha kiri dan kanan Angela, lalu memasukkannya ke plastik hitam dan setelah itu ditaruh ke dalam boks kontainer.

"Tiga hari setelah tersangka

memotong paha kiri dan paha kanan (tidak sampai pangkal) kemudian tersangka datang lagi ke apartemen kemudian memotong lengan kanan dan kiri. Selanjutnya dimasukan ke dalam plastik sampah lalu dimasukan ke kontainer," ujar penyidik membacakan reka adegan rekonstruksi.

Ecky pun pergi meninggalkan apartemen dan melanjutkan aksinya itu pada keesokan harinya. Dia memotong bagian perut Angela dan memasukkannya ke dalam boks kontainer.

Setelah itu, boks kontainer tersebut dilakban dan dipindahkan ke gudang apartemen. Cairan jasad Angela yang telah mengering di lantai lalu dibersihkan dengan kape, alat pel, dan pembersih lantai.

Pada 5 April 2020, Ecky menyewa sebuah kontrakan di kawasan Mustika Jaya, Kota Bekasi. Kontrakan itu disewa untuk menyimpan boks kontainer berisi potongan tubuh Angela.

Untuk menghindari kecurigaan, Ecky mencari kontrakan lain. Pada 6 Mei 2021, tersangka ini menyewa kontrakan di kawasan Tambun Selatan dan menaruh dua boks kontainer di tempat itu.

"Setelah itu tersangka pergi dan hanya melakukan pengecekan setiap 3 Minggu atau 4 Minggu sekali," kata penyidik.

Kejahatan Ecky ini akhirnya terbongkar setelah polisi menangkapnya pada 29 Desember 2022.

Rekomendasi