Polri Dalami Asal Usul 15 Senpi yang Ditemukan di Rumah Dito Mahendra

| 20 Mar 2023 15:25
Polri Dalami Asal Usul 15 Senpi yang Ditemukan di Rumah Dito Mahendra
Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan di Bareskrim Polri, Jakarta. (Sachril/ERA.id)

ERA.id - Polri masih mendalami terkait 15 senjata api (senpi) yang ditemukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat melakukan penggeledahan di rumah Dito Mahendra.

"Untuk 15 senpi yang telah diserahkan KPK ke Polri, Polri saat ini sedang mendalami asal usul senpi tersebut," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan di Bareskrim Polri, Jakarta, Senin (20/3/2023).

Namun, Ramadhan enggan merinci apakah jenis senpi yang diterima Polri dari KPK. Apakah senpi ini diserahkan beserta dokumen-dokumen, juga tak Ramadhan sebutkan.

Dia hanya menerangkan informasi lebih lanjut akan disampaikan di lain waktu.

Sebelumnya, sebanyak 15 pucuk senjata ditemukan penyidik KPK di rumah Dito Mahendra di kawasan Jakarta Selatan, Jumat (17/3). Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri menjelaskan penggeledahan di rumah Dito Mahendra dilakukan terkait penyidikan kasus dugaan korupsi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) untuk tersangka mantan Sekretaris Mahkamah Agung, Nurhadi.

"Dalam geledah tersebut benar tim menemukan 15 pucuk senjata api berbagai jenis. Lima pistol berjenis Glock, satu pistol S&W, satu pistol Kimber Micro serta delapan senjata api laras panjang," kata Ali, Jumat (17/3).

Ali mengatakan temuan senjata api tersebut selanjutnya diserahkan kepada pihak kepolisian untuk ditindaklanjuti.

"Langkah KPK saat ini tentu sudah berkoordinasi dengan Polri terkait dengan temuan senjata tadi 15 pucuk senjata yang ditemukan di tempat penggeledahan tadi," ujarnya.

Rekomendasi