Polri Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran 2023 pada 18-21 April, Arus Balik Terbagi 2 Gelombang

| 28 Mar 2023 15:30
Polri Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran 2023 pada 18-21 April, Arus Balik Terbagi 2 Gelombang
Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Pol. Aan Suhanan (ANTARA/Laily Rahmawaty)

ERA.id - Korlantas Polri memprediksi puncak arus mudik libur Lebaran 2023 mulai tanggal 18 April. Perkiraan itu muncul setelah pemerintah memajukan cuti bersama Lebaran menjadi 19 April.

"Jadi kita prediksi tanggal 18 (April) malam ini mulai ada kepadatan. Mulai ada peningkatan sampai tanggal 21 (April) atau H-1 ini kalau yang lebarannya tanggal 22. Jadi kita prediksi 18-21 April puncak arus mudik," kata Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Aan Suhanan kepada wartawan, Selasa (28/3/2023).

Untuk puncak arus balik libur Lebaran 2023, diprediksi dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama pada 25 April dan kedua pada 30 April 2023.

"Sedangkan untuk arus balik kemungkinan tanggal 25 gelombang pertama. Ada dua gelombang nanti untuk arus mudik. Karena tanggal 1 Mei itu liburan (tanggal) merah. Prediksi yang kedua tanggal 30 April gelombang kedua untuk arus balik," ucapnya.

Masyarakat pun diminta melakukan persiapan dengan matang bila akan melakukan mudik. Hal ini untuk mengantisipasi risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas dan hal-hal yang tak diinginkan lainnya.

Aan pun meminta masyarakat untuk tidak mudik dengan menggunakan sepeda motor. Sebab dari data yang diperolehnya, persentase kecelakaan terbanyak didominasi kendaraan roda dua.

"Karena sebagian persen kecelakaan lalu lintas yang terjadi itu disebabkan kendaraan motor. Jadi saya imbau untuk tidak menggunakan sepeda motor karena itu akan mengurangi konsentrasi, jadi kita sangat mengimbau bagi masyarakat dalam perjalanan mudik tidak menggunakan sepeda motor," jelasnya.

Rekomendasi