Tak Ada Luka di Tubuh Mendiang Mustopa Usai Menembak Kantor MUI

| 03 May 2023 12:13
Tak Ada Luka di Tubuh Mendiang Mustopa Usai Menembak Kantor MUI
Pelaku bernama Mustopa NR yang menembaki kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) di kawasan Jakarta Pusat (Jakpus), sudah tewas.

ERA.id - Tidak ada luka luar di tubuh Mustopa NR, pelaku yang menembak kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI). Mustopa diketahui tewas usai beraksi.

"Tapi wujud luar itu wujudnya bagus, artinya tanpa kekerasan yang menimbulkan perlukaan di luar," kata Kepala Rumah Sakit (RS) Polri Kramat Jati, Jakarta Timur (Jaktim), Brigjen Hariyanto kepada wartawan dikutip Rabu (3/5/2023).

Jasad Mustopa dibawa ke RS Polri Kramat Jati untuk diautopsi guna mengetahui penyebab pasti kematian pelaku. Hariyanto belum dapat memastikan berapa lama proses autopsi berlangsung.

"Ini kan permintaan penyidik, jadi kita hanya memeriksa aja. Hasilnya (autopsi) kita serahkan ke penyidik," ucapnya.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya juga akan mendalami betul atau tidaknya jiwa Mustopa NR terganggu. Dirreskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Hengki Haryadi menjelaskan, pihaknya berkoordinasi dengan Polda Lampung untuk menelusuri latar belakang Mustopa.

Ternyata pelaku pernah dipenjara selama tiga bulan karena kasus perusakan pada 2016 silam.

Mustopa NR sendiri diduga menyerang kantor MUI karena ingin diakui sebagai wakil nabi. Dia memiliki mens rea dalam kasus ini, yakni akan melakukan tindakan kekerasan bila tidak diakui sebagai wakil nabi.

"Artinya apa yang bersangkutan ini termasuk mengalami gangguan jiwa? Tapi gangguan jiwa kok disidang dan divonis, oleh karenanya tim apsifor sekarang yang datang ke Lampung bersama tim penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya ke Lampung, bekerja sama dengan Polda Lampung untuk mendalami secara komprehensif," kata Hengki kepada wartawan, Selasa (2/5).

Rekomendasi