Kurangi Polusi Udara Udara di Jakarta, Anggota DPRD DKI: Utamakan Pembatasan Kendaraan Bermotor

| 06 Jun 2023 17:25
Kurangi Polusi Udara Udara di Jakarta, Anggota DPRD DKI: Utamakan Pembatasan Kendaraan Bermotor
Polusi Udara di Jakarta. (Antara)

ERA.id - Anggota Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, Justin Adrian Untayana menyatakan kondisi polusi udara di Jakarta berbahaya untuk kesehatan warganya, terutama pada anak-anak. 

Menurutnya, Polusi di Jakarta bukanlah masalah yang sederhana untuk diselesaikan. Butuh ketegasan Pemerintah Provinsi terutama Gubernur dalam membenahi masalah lingkungan ini.

"Penyelesaiannya tak mudah, perlu integrasi di banyak lini. Butuh sosok Gubernur yang tegas, visioner, dengan agenda kerja yang progresif, dibanding yang berpikiran sederhana dengan mempromosikan kendaraan listrik dengan formula e sebagai upayanya mengurangi polusi," ungkapnya.

Justin menilai ada 2 hal utama yang perlu dibenahi, mulai dari pembatasan kendaraan bermotor, hingga perbaikan tata ruang di DKI yan begitu semrawut.

"Kontributor utama atas buruknya kualitas di DKI Jakarta memang polusi akibat kendaraan bermotor. Data korlantas pada 2022 ada sekitar 26 juta kendaraan di DKI Jakarta. Sejauh ini belum pernah ada upaya tegas dalam mengendalikan populasi kendaraan bermotor ini," jelasnya.

"Pembatasan penggunaan kendaraan bermotor bisa dilakukan dengan WFH, penegakkan aturan pemilik mobil wajib punya garasi, pengetatan uji emisi yang, menaikkan tarif parkir, penindakan parkir liar, juga menyediakan transportasi umum yang aman dan nyaman," sambung justin.

Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta ini meminta Pemprov DKI melakukan perbaikan tata ruang seperti menyediakan rumah susun nyaman terjangkau untuk relokasi pemukiman padat-kumuh kota. 

"Hunian yang terkonsentrasi (rumah susun) akan memudahkan pemprov untuk mengintegrasikan antara hunian penduduk dengan sistem transportasi massal. 

Selama hunian penduduk terus menerus tidak terzonasi dengan baik, maka sulit untuk mengintegrasikan dengan jaringan transportasi umum, dan mendorong warga untuk membeli kendaraan bermotor," urainya.

"Banyak sekali lini yang harus dibenahi, akan tetapi sangat vital untuk melindungi warga dan anak-anak kita dari penyakit-penyakit saluran pernafasan seperti ispa dan lainnya," tutup Justin.

Rekomendasi