Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Saat Timnas Lawan Argentina, Catat Titiknya

| 18 Jun 2023 19:06
Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Saat Timnas Lawan Argentina, Catat Titiknya
Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Doni Hermawan saat diwawancarai di Jakarta, Sabtu (17/6/2023) ANTARA/Ilham Kausar

ERA.id - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas  saat pertandingan sepakbola Indonesia melawan Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat pada Senin (19/6).

Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Doni Hermawan menyatakan pengamanan lalu lintas dilaksanakan di sekitar lokasi pertandingan selama pertandingan berlangsung.

"Kami sudah melaksanakan TFG (tactical floor game) atau peran seluruh personel untuk mensimulasikan pengamanan di lapangan. Insya Allah pengamanan kita sudah siap," ucapnya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta dikutip dari Antara, Minggu (18/6/2023).

Doni juga mengimbau kepada masyarakat yang akan beraktivitas pada saat itu  untuk menghindari area SUGBK saat laga berlangsung

"Masyarakat di luar penonton yang menuju arah Gelora Bung Karno (GBK) atau sekitaran GBK agar menghindari jalan-jalan sekitar GBK. Hal ini bertujuan untuk menghindari kepadatan di kawasan GBK," jelasnya.

Selain itu Doni juga menyarankan kepada seluruh suporter yang ingin menyaksikan pertandingan di SUGBK untuk naik kendaraan umum ke lokasi.

"Agar menggunakan kendaraan umum ya kalau bisa datang ke GBK tidak menggunakan kendaraan pribadi untuk mengurangi jumlah kapasitas parkir maupun kapasitas kepadatan di lokasi, " terangnya.

Adapun rekayasa lalu lintas yang telah disiapkan oleh Ditlantas Polda Metro Jaya adalah sebagai berikut:  

1. Arus lalu lintas dari Jalan Gatot Subroto yang akan menuju ke Jalan Gerbang Pemuda di arahkan lurus ke arah Slipi.

2. Arus lalu lintas dari arah Slipi di arahkan lurus ke arah Semanggi, tidak ada yang menuju Layang Landokgi ke arah Jalan Gerbang Pemuda.

3. Arus lalu lintas yang dari Bundaran Senayan yang akan menuju Jalan Pintu Satu Senayan diluruskan ke Jalan Jenderal Sudirman arah Semanggi.

4. Arus lalu lintas dari Jalan Mustopo yang menuju ke arah Jalan Asia Afrika di belokkan ke kanan menuju Jl Hang Tuah Raya.

5. Arus lalu lintas dari arah Jalan Patal Senayan 1 yang akan menuju ke arah Jalan Asia Afrika di belokkan ke kiri ke Jalan Tentara Pelajar.

6. Arus lalu lintas dari arah Jalan Tentara Pelajar yang akan menuju Jalan Patal Senayan diluruskan ke arah Jalan Permata Hijau.

7. Arus lalu lintas arah Manggala Wanabakti yang akan menuju Jalan Lapangan Tembak diluruskan ke arah Jalan Tentara Pelajar.

Rekomendasi