Sejumlah Personel Brimob Sambangi Bareskrim Polri, Ada Apa?

| 01 Aug 2023 17:17
Sejumlah Personel Brimob Sambangi Bareskrim Polri, Ada Apa?
Personil Brimob datang Bareskrim (Sachril Agustin/ ERA)

ERA.id - Sejumlah personel brimob datang ke Bareskrim Polri, Jakarta, pada Selasa (1/8/2023) sore ini.

Pantauan ERA di lokasi, tiga mobil kendaraan taktis (rantis) brimob datang ke Bareskrim sekira pukul 16.43 WIB. Rantis ini diparkir di halaman parkiran Bareskrim.

Setelah itu, satu SST Brimob tiba di Bareskrim Polri dengan satu truk dan sepeda motor. Tak lama kemudian, empat personel brimob masuk ke dalam gedung Bareskrim Polri.

Belum diketahui mengapa sejumlah personel brimob ini ke Bareskrim Polri. Apakah terkait pengamanan pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun, Panji Gumilang yang sedang diperiksa terkait kasus dugaan penistaan agama pada hari ini, belum diketahui.

Kadiv Humas Polri, Irjen Sandi Nugroho dan Kabareskrim Polri, Komjen Wahyu Widada belum merespon saat dimintai tanggapan.

Diketahui, Panji Gumilang dilaporkan ke Bareskrim Polri atas dugaan penistaan agama dan kasus ini pun telah naik ke tahap penyidikan. Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) lalu memblokir ratusan rekening Panji Gumilang karena pimpinan Ponpes Al-Zaytun ini diduga melakukan TPPU.

Bareskrim Polri dan PPATK pun berkoordinasi untuk mendalami aliran transaksi keuangan Ponpes Al-Zaytun dan hasilnya, Panji Gumilang diduga melakukan tindak pidana korupsi dana BOS dan penyalahgunaan zakat.

"Dari hasil koordinasi dan analisa transaksi tersebut didapat dugaan penyalahgunaan yang berindikasi tindak pidana terkait yayasan, tindak pidana penggelapan, tindak pidana korupsi dana BOS, hingga tindak pidana terkait penyalahgunaan dana pengelolaan zakat oleh saudara PG," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Jumat (21/7).

Rekomendasi