1.318 Personel Akan Amankan Pengundian Nomor Urut Capres-Cawapres di KPU

| 14 Nov 2023 10:38
1.318 Personel Akan Amankan Pengundian Nomor Urut Capres-Cawapres di KPU
Ilustrasi KPU (Antara)

ERA.id - Sebanyak 1.318 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan pengundian nomor urut calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta Pusat (Jakpus), Selasa (14/11/2023) hari ini.

"Total ada ada 1.318 personel yang kita kerahkan untuk pengamanan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Selasa (14/11/2023).

Sebanyak 1.318 personel itu terdiri dari 388 personel Satgasda, 30 personel Satgasres, dan 900 personel dari Kodam Jaya, Korbrimob, dan Korsabhara.

Trunoyudo menambahkan polisi juga menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar kantor KPU. Tujuannya, untuk mengantisipasi kemacetan kendaraan di sekitar lokasi.

"Rekayasa lalu lintas kita laksanakan secara situasional," ucapnya.

Sebelumnya, KPU akan menggelar pengundian nomor urut pasangan capres-cawapres pada Selasa malam ini. Pengundian nomor urut ini dilakukan setelah KPU RI menetapkan tiga kandidat pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024.

"Untuk pengundian dan penetapan (nomor urut) capres-cawapres tersebut, rencananya akan digelar di Kantor KPU RI pada Selasa, 14 November 2023, jam 18:30 WIB," ujar Komisioner KPU RI Idham Holik dalam konferensi pers di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (13/11).

Sementara Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menambahkan, rangkaian acara pengundian nomor urut capres-cawapres akan diawali dengan gala dinner dengan pasangan calon dan pimpinan partai politik.

Setelah makan malam bersama, para komisioner KPU RI langsung menggelar rapat pleno terbuka untuk memulai pengundian nomor urut untuk ketiga pasangan capres dan cawapres.

"Setelah makan malam dilakukan pleno terbuka pengambilan nomor urut, pengundian nomor urut penetapan nomor urut masing-masing pasangan calon," ucapnya.

Rekomendasi