Rizieq Shihab Cs Akan Reuni 212 di Monas, Ribuan Polisi Disuruh Berjaga

| 01 Dec 2023 10:06
Rizieq Shihab Cs Akan Reuni 212 di Monas, Ribuan Polisi Disuruh Berjaga
Rizieq Shihab saat dikawal polisi. (Antara)

ERA.id - Ribuan personel polisi bakal dikerahkan untuk mengamankan Reuni 212 di kawasan Monas, Jakarta Pusat, pada Sabtu (2/12/2023) besok.

"(Sebanyak) 5.734 personel pengamanan (dikerahkan untuk aksi pada) 2 Desember 2023 di Monas," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Jumat (1/12/2023).

Terpisah, Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat, Kompol Gomos Simamora menambahkan rekayasa lalu lintas di sekitar Monas sudah disiapkan. Namun, penerapannya situasional.

"Dengan jumlah banyak orang pasti ada pengalihan (arus) nanti. Tapi mudah-mudahan hari Sabtu nanti lebih landai. Kita belum tahu massanya, jumlahnya berapa. Kalau udah ketahuan, Polda nanti yang menentukan apakah alih arus biasa atau ada pengalihan," ujar Gomos.

Sebelumnya, Persaudaraan Alumni (PA) 212 akan menggelar Reuni 212 di kawasan Monas, pada Sabtu besok. Pentolan Front Persaudaraan Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab (HRS) dan Munarman kemungkinan hadir dalam acara tersebut.

"Siap insyaallah jika tidak ada halangan (Rizieq dan Munarman hadir)," kata kuasa hukum Rizieq, Aziz Yanuar kepada wartawan, Rabu (29/11).

Terpisah, Wasekjen PA 212, Novel Bamukmin menyebut diprediksi sekira tiga juta orang akan mengikuti aksi tersebut. Novel menjelaskan Reuni 212 pada tahun ini murni menyuarakan membela Palestina.

Tidak akan ada yang menyerukan tentang politik atau untuk mendukung salah satu pasangan calon (paslon) pada Pilpres 2024. Dia menyebut tidak ada satu pun dari paslon yang diundang dalam acara ini. "Reuni 212 kali ini bela Palestina dan ini murni tidak ada pesan politik," ujarnya.

Rekomendasi