Relawan yang Viral Disetop Polantas Saat Kawal Ambulans di Jaksel Ditilang

| 13 Dec 2023 12:33
Relawan yang Viral Disetop Polantas Saat Kawal Ambulans di Jaksel Ditilang
Ilustrasi polisi lalu lintas (ERA.id)

ERA.id - Viral di media sosial polantas yang memberhentikan pengendara motor yang mengawal ambulans di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan (Jaksel).

Dari video dan narasi yang dilihat di akun Instagram @infojakbar24, seorang polantas berjalan ke tengah jalan dan mendekat ke relawan yang mengawal ambulans membawa pasien. Pengendara motor ini lalu berhenti usai dicegat.

Setelah itu, polantas ini mencabut kunci motor relawan itu. Motor pengemudi itu lalu dibawa ke tepi jalan.

“Akibat sepeda motor itu dihentikan, ambulance rem mendadak dan membuat pasien serta keluarganya kaget dan sang pasien lanjut usia itu kepalanya sampai terkena kursi sopir bagian belakang,” demikian narasi akun Instagram @infojakbar24, dilihat Rabu (13/12/2023).

Dikonfirmasi, Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman membenarkan kejadian ini dan menyebut anggotanya memberhentikan pengawal ambulans sesuai aturan yang berlaku.

"Dihentikan oleh petugas karena sesuai aturan ketentuan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pengawalan itu harus mempunyai kompetensi, dan itu kewenangan dari Polri," kata Latif kepada wartawan, Rabu (13/12/2023).

Latif menjelaskan akan timbul masalah bila pengendara yang melakukan pengawalan tidak memiliki kompetensi. Karena itu, polantas memberhentikan relawan tersebut. Perwira menengah Polri ini menyebut relawan tersebut ditilang.

"Melanggar, ya kami lakukan penilangan karena nggak boleh, bahaya itu. Seandainya pun tidak dilakukan pengawalan, kalau sudah namanya ambulans sudah menyalakan lampu isyarat tersebut," ucapnya.

Usai kejadian itu, Latif menyampaikan polisi melakukan pengawalan ke ambulans tersebut. Dia pun menjelaskan masyarakat paham jika ambulans merupakan kendaraan prioritas di jalan.

Rekomendasi