Sempat Klarifikasi Video Viral Hoaks, Polisi Justru Temukan Lima Mayat Tanpa Identitas di UNPRI Medan

| 13 Dec 2023 15:35
Sempat Klarifikasi Video Viral Hoaks, Polisi Justru Temukan Lima Mayat Tanpa Identitas di UNPRI Medan
Lima mayat di UNPRI (Dok: Istimewa)

ERA.id - Lima mayat tanpa identitas berhasil ditemukan oleh Satreskrim Polrestabes Medan di Universitas Prima Indonesia (UNPRI) Medan. Penemuan ini terungkap setelah sejumlah mahasiswa menyebut kabar yang menghebohkan media sosial hoaks atau tidak benar.

Kasat Reskrim Polrestabes Medan Kompol Teuku Fathir Mustafa mengatakan penemuan lima mayat tanpa identitas ini berhasil terungkap setelah timnya melakukan penggeledahan di UNPRI, Medan. Kelima mayat itu ditemukan tanpa identitas. 

“Kita temukan ada lima mayat, empat berjenis kelamin laki-laki dan satu perempuan. Semuanya tanpa identitas,” kata Fathir kepada wartawan, Rabu (13/12/2023).

Fathir mengatakan lima mayat tanpa identitas itu ditemukan di sebuah ruangan di lantai 15 kampus UNPRI, Medan. Kepolisian menyebut temuan ini akan terus didalami dan diselidiki.

“Seluruhnya ditemukan di salah satu ruangan di lantai 15. Sedang kami dalami," katanya.

Sebelumnya, sebuah video penemuan dua mayat di Universitas Prima Indonesia menghebohkan media sosial. Dalam video itu, dua mayat ditemukan di lantai 9 di dalam sebuah bak air berwarna biru. 

“Ada mayat di UNPRI lantai 9,” kata perekam video.

Polisi sempat dihalangi pihak kampus

Setelah video itu viral dan menuai atensi publik, pihak kampus disebut sempat menolak kedatangan polisi. Namun polisi akhirnya berhasil masuk ke dalam kampus untuk melakukan pengecekan.

Akan tetapi saat polisi tiba di kampus Unpri, keberadaan bak air berwarna biru yang diduga menjadi tempat penyimpanan mayat sudah tidak ditemukan. Lokasi itu juga disebut sudah dibersihkan dan tidak ada jejak seperti video viral sebelumnya.

“Saat petugas datang, lokasi lantai 9 tersebut sudah dibersihkan, tidak seperti yang tampak di video yang beredar,” ujar Fathir.

Mahasiswa UNPRI sempat klarifikasi video hoaks

Di sisi lain, beredar video klarifikasi yang diduga merupkan sejumlah mahasiswa Unpri, Medan. Dalam video itu, mereka membantah video viral dengan menyebut hal itu hoaks atau tidak benar. 

Mahasiswa UNPRI itu mengatakan video yang beredar itu merupakan dua manekin, bukan mayat seperti yang diberitakan. 

“Melalui video klarifikasi ini, kami mahasiswa Unpri menyatakan bahwasanya kami mohon maaf sebesar-besarnya atas penyebaran video yang tampak teman saya Heriyanto. Properti dalam video tersebut merupakan manekin atau boneka bukan mayat,” kata salah satu mahasiswa di video itu. 

“Video yang beredar merupakan hoaks dan telah membuat keresahan bagi banyak pihak beberapa waktu lalu,” tegasnya.

Lebih lanjut, atas penemuan lima mayat tanpa identitas tersebut, kepolisian akan melakukan penyelidikan dan meminta keterangan dari pihak kampus.

Rekomendasi