Lima Mayat Tanpa Identitas Ditemukan, Dosen UNPRI Medan: Kadaver Bahan Praktikum Anatomi

| 13 Dec 2023 18:05
Lima Mayat Tanpa Identitas Ditemukan, Dosen UNPRI Medan: Kadaver Bahan Praktikum Anatomi
Kadaver di UNPRI (Dok: Instagram/lambe_turah)

ERA.id - Penemuan lima mayat tanpa identitas di Universitas Prima Indonesia (UNPRI) menuai atensi publik. Salah satu dosen anatomi di UNPRI, Medan, pun angkat bicara persoalan tersebut. 

Lewat video yang beredar dan dikutip dari akun gosip @lambe_turah, dosen anatomi UNPRI, Dr. dr. Ali Napiah Nasution mengatakan lima mayat tanpa identitas itu merupakan kadaver atau bahan praktik anatomi mahasiswa kedokteran di UNPRI. 

Ali pun mengatakan dirinya diminta untuk menemani polisi untuk menunjukkan sekaligus melakukan pemeriksaan terhadap kelima kadaver tersebut. Menurutnya, polisi datang ke UNPRI pada 12 Desember 2023 sekitar pukul 15.00 WIB.

“Atas permintaan polisi saya mendampingi polisi dari Polda dan tim laboratorium forensik dari Poldasu memeriksa di laboratorium anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia untuk melihat lima kadaver yang dikeluarkan dari bak kadaver laboratorium anatomi,” kata Ali Nasution. 

Lalu, setelah melihat kelima mayat tanpa identitas tersebut yang menurutnya adalah bagian dari bahan praktik anatomi, dijejerkan di meja laboratorium. Setelah diperiksa, kata Ali, kelima kadaver itu dikembalikan ke tempatnya.

“Kemudian kadaver tersebut dijejerkan di meja anatomi di laboratorium anatomi untuk diperiksa. Setelah diperiksa kelima kadaver tersebut dikembalikan ke dalam bak kadaver laboratorium anatomi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ali menegaskan kelima kadaver itu memang berada di Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia (UNPRI) Medan. Penggunaan kadaver itu pun disebut sebagai hal yang umum terjadi di seluruh Fakultas Kedokteran di Indonesia. 

“Saya tegaskan bahwa kadaver-kadaver tersebut berada di Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia dan dipergunakan sebagai media belajar praktimum anatomi sejak tahun 2008,” tegasnya.

“Dan seyogyanya di setiap Fakuktas Kedokteran di Indonesia memiliki kadaver di laboratorium anatomi,” pungkasnya. 

Sebelumnya, Kasat Reskrim Polrestabes Medan Kompol Teuku Fathir Mustafa mengatakan adanya penemuan lima mayat tanpa identitas UNPRI, Medan setelah melakukan penggeledahan. Kelima mayat itu ditemukan tanpa identitas. 

“Kita temukan ada lima mayat, empat berjenis kelamin laki-laki dan satu perempuan. Semuanya tanpa identitas,” kata Fathir kepada wartawan, Rabu (13/12/2023).

Fathir mengatakan lima mayat tanpa identitas itu ditemukan di sebuah ruangan di lantai 15 kampus UNPRI, Medan. Kepolisian menyebut temuan ini akan terus didalami dan diselidiki.

“Seluruhnya ditemukan di salah satu ruangan di lantai 15. Sedang kami dalami," katanya.

Rekomendasi