Kunjungi Ponpes Jateng, Ganjar Beri Pesan Khusus ke Emak-emak: Kalau Punya Anak Perempuan Jangan Suruh Nikah Cepet, Sekolah!

| 17 Dec 2023 17:20
Kunjungi Ponpes Jateng, Ganjar Beri Pesan Khusus ke Emak-emak: Kalau Punya Anak Perempuan Jangan Suruh Nikah Cepet, Sekolah!
Ganjar di Ponpes Jateng (Dok: ERA/Gabreiella Thesa)

ERA.id - Calon Presiden (Capres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo berpesan kepada para ibu-ibu untuk menyekolahkan anak-anaknya hingga perguruan tinggi, terlebih anak perempuan.

Hal itu disampaikan saat mengunjungi Pondok Pesantren Darussalam Timur, Gunungpiring, Muntilan, Magelang pada Minggu (17/12/2023). 

Awalnya, Ganjar menyapa ibu-ibu di Pondok Pesantren Darussalam dan mengingatkan agar anak-anaknya yang berusia sekolah, jangan sampai berhenti mengenyam bangku pendidikan. Anak-anak harus besekolah yang tinggi. 

"Bu, kalau enten putrane jenengan, usia sekolah, ken sekolah nggih. Sekolahe sing dhuwur, nggih? Setuju? (Bu, kalau punya anak usia sekolah, disuruh sekolah ya. Sekolahnya yang tinggi, ya? Setuju?)," kata Ganjar. 

Mantan gubernur Jawa Tengah itu lantas mengingatkan pula kepada ibu-ibu tersebut, terlebih yang memiliki anak perempuan, untuk disekolahkan hingga jenjang pendidikan paling tinggi. 

Dia menegaskan, jangan sampai anak-anak perempuan itu memilih menikah ketimbang menempuh pendidikan. 

"Kalau punya anak perempuan, juga sama. Sekolahkan yang tinggi. Setuju? Ojo kesusu rabi, nggih? Ojo kesusu rabi (jangan buru-buru nikah, ya. Jangan buru-buru nikah)," kata Ganjar. 

Dia mengatakan, pendidikan bagi anak perempuan sama pentingnya dengan anak laki-laki. Sehingga ke depannya, seluruh anak-anak itu bisa memiliki hak yang sama untuk bersekolah, tanpa tersekat oleh gender. 

"Biar nantinya anak-anak perempuan, dan laki-laki punya hak yang sama bisa sekolah tinggi," tegasnya. 

Rekomendasi