Kalapas soal Alvin Lim Sebut Ferdy Sambo Tak Pernah Ditahan di Lapas Salemba: Tuduhan Ngawur!

| 04 Jan 2024 14:40
Kalapas soal Alvin Lim Sebut Ferdy Sambo Tak Pernah Ditahan di Lapas Salemba: Tuduhan Ngawur!
Ferdy Sambo dan Putri Chandrawati. (Antara)

ERA.id - Kalapas Kelas IIA Salemba, Beni Hidayat membantah pernyataan pengacara Alvin Lim yang menyebut jika terpidana Ferdy Sambo tidak pernah ditahan di Lapas Salemba untuk menjalani hukuman.

Beni menyatakan apa yang diucapkan Alvin Lim merupakan karangan belaka. Sebab, dia tidak melihat atau menyaksikan secara langsung proses penempatan Ferdy Sambo dkk.

"Selama Ferdy Sambo di Lapas Salemba, Alvin kan tidak ada karena sedang menjalani perawatan medis di RSU terhitung mulai tanggal 16 April 2023 hingga 29 September 2023," ujar Beni kepada wartawan, Kamis (4/1/2024).

Beni menjelaskan Sambo ditempati di Lapas Salemba dan telah menjalani masa pengenalan lingkungan (mapenaling) dari 24-29 Agustus 2023. Setelah itu, terpidana kasus pembunuhan berencana ini dipindahkan ke Lapas Kelas IIA Cibinong.

Beni lalu membantah pernyataan Alvin Lim yang menyebut Ferdy Sambo tidur di ruang KPLP selama menjalani pidana di Lapas Salemba.

"Kami menyayangkan tuduhan bahwa Sambo tidur di ruang KPLP selama menjalani pidana di Lapas Salemba karena itu tuduhan yang ngawur. Sebagai Warga Binaan, Ferdy Sambo ditempatkan di Blok hunian Paviliun Saroso, Lantai I Ruang 23/Type 1. Kami ada dokumentasinya semua," ucapnya.

Namun, Beni tidak menampik jika Ferdy Sambo mendapat pengawasan melekat dari jajaran KPLP. Hal itu berdasarkan pertimbangan keamanan dan ketertiban dan berdasarkan assessment risiko PK BAPAS dan Instrument Screening Penempatan Narapidana (ISPN).

“Jadi bukan tidur di ruang KPLP. Lagi pula ucapan Alvin Lim bahwa dirinya sebagai warga binaan dapat bebas berjalan-jalan ke kantor depan jelas tidak benar. Setiap warga binaan yang akan beraktivitas keluar blok hunian harus dilengkapi dengan surat keputusan TPP dan tercatat dalam buku expedisi lalu lintas warga binaan, jadi tak bisa sembarangan,” ucapnya.

Viral di media sosial pengacara Alvin Lim menyebut jika terpidana kasus pembunuhan berencana Ferdy Sambo tidak pernah ditahan di Lapas Kelas IIA Salemba.

Alvin Lim menyampaikan hal itu di dalam podcast dr Richard Lee. Dilihat di akun TikTok @candrapratams, pengacara ini menyebut jika Ferdy Sambo tidak tidur di dalam sel di Lapas Salemba. Mantan Kadiv Propam Polri ini tidur di ruang ber-AC.

"Saya kasih tahu Bapak satu hal ya di situ yang menarik. Sambo bilangnya di rutan, di lapas Salemba kan. Dia tidak pernah ditahan di lapas Salemba. Namanya doang di situ," kata Alvin Lim dilihat di akun TikTok @candrapratams, dilihat hari ini.

"Itu si Sambo itu tidak pernah tidur di dalam penjara. Jadi di dalam kantor KPLP di atas. Gedung ruang ada AC, namanya doang di situ," tambahnya.

Rekomendasi