Minibus Grandmax Kecelakaan KM 58 Diduga Travel Sewaan untuk Mudik

| 08 Apr 2024 18:40
Minibus Grandmax Kecelakaan KM 58 Diduga Travel Sewaan untuk Mudik
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. (Antara)

ERA.id - Mobil minibus Grandmax yang mengalami kecelakaan di Tol Jakarta-Cikampek KM 58 diduga disewa untuk mudik.

Dugaan itu disampaikan Kapolri Jenderap Pol Listyo Sigit Prabowo saat mengunjungi korban kecelakaan di RSUD Karawang, Jawa Barat, Senin (8/4/2024).

"Informasinya dari keluarga korban tadi ada yang menyampaikan bahwa memang mereka ada memesan travel untuk menjemput mereka, dan sempat diinformasikan ke keluarga," kata Listyo.

Meski begitu, dugaan tersebut masih didalami oleh pihak kepolisian.

Terkait dugaan ada kelalaian pada sopir Grandmax, Listyo sekali menegaskan pihaknya masih melakukan pendalaman. Untuk sementara, hanya dapat dipastikan bahwa mobil minibus itu melenceng dari jalur contraflow sehingga menyebabkan kecelakaan adu banteng dengan sebuah bus dari arah yang berlawanan.

"Penyebab terjadinya kecelakaan sedang didalami dan saya belum bisa menjelaskan," katanya.

"Namun yang jelas, ada proses di mana kendaraan ini keluar dari contraflow, sehingga masuk ke jalan yang bukan sebenarnya jalur diperuntukkan kendaraan tersebut," tambah Listyo.

Hingga saat ini, terkonfirmasi 12 orang meninggal dunia dan seluruhnya merupakan penumpang Grandmax.

Dari identifikasi sementara diketahui, 12 korban meninggal itu terdiri dari tujuh laki-laki dan lima perempuan. Namun baru ada dua korban yang teridentifikasi identitasnya.

"Tadi juga diinformasikan ada dua KTP yang didapatkan dan kemudian dikenali identitas dan itu sudah kita hubungi pihak keluarga. Ada yang satu di Ciamis, dan satu berasal dari Bogor," katanya.

Sebegai informasi, telah terjadi kecelakaan di Tol Jakarta-Cikampek (Japek) KM 58 sekitar pukul 07:04 WIB pada Senin (8/4).

Kecelakaan melibatkan tiga kendaraan yaitu Daihatsu GrandMax, Daihatsu Terios, dan Bus Prima Jasa.

Berdasarkan keterangan pihak kepolisian, peristiwa itu berawal dari kendaraan Granmax yang berjalan di jalur contraflow mencoba menepi ke bahu jalan karena ada masalah pada kendaraanya.

Kecelakaan terjadi saat satu unit bus dari arah Cikampek tak bisa menghindar dari mobil Grandmax yang mencoba menepi ke bahu jalan.

Tabrakan pun terjadi hingga menyebabkan mobil Grandmax terbakar di lokasi.

Selain itu, satu unit mobil Terios juga terbakar dampak dari kecelakaan tersebut.

Rekomendasi