Soal Penyebab Kecelakaan Maut Tol Japek, Kapolri: Sedang Didalami

| 08 Apr 2024 21:15
Soal Penyebab Kecelakaan Maut Tol Japek, Kapolri: Sedang Didalami
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. (Antara)

ERA.id - Kecelakaan maut yang menewaskan 12 pemudik di Tol Jakarta-Cikampek (Japek) KM 58 pada Senin (8/4) pagi, masih belum diketahui penyebabnya.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan, tim gabungan masih terus mendalami penyebab terjadinya kecelakaan tersebut.

"Tentunya ini akan didalami oleh tim gabungan dari Polri, Kemenhub, dari KNKT sehingga kemudian ditemukan kepastikan penyebab terjadinya kecelakaan tadi. Karena memang saat ini untuk penyebab laka masih dilakukan pendalaman," kata Listyo dalam kunjungannya ke RSUD Karawang, Jawa Barat, Senin (8/4/2024).

Dia juga tak menjawab banyak saat disinggung kemungkinan adanya kelalaian atau human error di balik kecelakaan tersebut.

Dia hanya menjelaskan bahwa mobil minibus Grandmax memang keluar jalur contraflow, sehingga bertabrakan dengan satu unit bus dari arah berlawanan.

"Tadi saya sudah jelaskan, penyebab terjadinya kecelakaan sedang didalami, dan saya belum bisa menjelaskan," kata Listyo.

"Namun yang jelas, ada proses di mana kendaraan ini keluar dari contraflow sehingga masuk ke jalan yang bukan sebenarnya jalur diperuntukan kendaraan tersebut," imbuhnya.

Ada dugaan mobil Grandmax adalah kendaraan travel sewaan untuk mengangkut pemudik. Informasi itu didapat dari sejumlah keluarga yang datang untuk menjalani ante mortem atau pengumpulan data korban.

Namun, informasi itu juga masih didalami oleh tim gabungan.

"Itu sedang kita dalami, karena infonya dari keluarga korban tadi ada yang menyapaikan bahwa memang mereka ada memasan travel untuk menjemput mereka, dan sempat diinfokan ke keluarga. Jadi ini masih kita dalami," ujarnya.

Sebagai informasi, telah terjadi kecelakaan di Tol Jakarta-Cikampek (Japek) KM 58 sekitar pukul 07:04 WIB pada Senin (8/4).

Kecelakaan melibatkan tiga kendaraan yaitu Daihatsu GrandMax, Daihatsu Terios, dan Bus Prima Jasa.

Berdasarkan keterangan pihak kepolisian, peristiwa itu berawal dari kendaraan Granmax yang berjalan di jalur contraflow mencoba menepi ke bahu jalan karena ada masalah pada kendaraanya.

Kecelakaan terjadi saat satu unit bus dari arah Cikampek tak bisa menghindar dari mobil Grandmax yang mencoba menepi ke bahu jalan.

Tabrakan pun terjadi hingga menyebabkan mobil Grandmax terbakar di lokasi.

Selain itu, satu unit mobil Terios juga terbakar dampak dari kecelakaan tersebut.

Rekomendasi